Penguatan dalam Pembinaan dan Pembimbingan Karier Siswa SMA Negeri 1 Pulau Malan, Kabupaten Katingan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v3i4.403Abstract
Permasalahan yang sering kali dialami oleh siswa kelas XII khususnya siswa di SMA Negeri 1 Pulau Malan yaitu mengalami kebingungan dalam menentukan masa depan setelah menamatkan pendidikan. Hal ini dikarenakan belum adanya perencanaan karier yang baik. Para guru sebetulnya juga memiliki peran penting dalam membantu siswa merencanakan kariernya. Namun peran ini belum bisa secara optimal dilakukan. Pengabdian kepada Masyarakat dilakukan untuk memberikan pembinaan dan pembimbingan konseling karier kepada guru dan pengenalan potensi diri pada siswa dalam meningkatkan perencanaan karier siswa. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu Metode Participatory Action Research (PAR). Kegiatan meliputi pelatihan konseling karier bagi guru, penelusuran minat dan bakat siswa, serta seminar motivasi dan pengenalan profesi kepada siswa. Para guru mampu mengembangkan dan menerapkan keterampilan konseling karier untuk membantu siswa yang masih kesulitan dalam memilih dan merencanakan karier. Siswa juga dapat melihat minat, bakat, dan potensinya untuk dikembangkan di masa depannya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jeffry Simson Supardi, Danella Merdiasi, Lelly Sepniwati, Chris Apandie, Anggita Deodora Siten
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).