Tantangan Dan Pembaharuan Pendidikan Islam Kontemporer Pada Era Revolusi Industri 4.0

Authors

  • Nur Aesiyah Rahmawati UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Supriyanto Supriyanto UIN Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v3i4.408

Abstract

Tulisan ini membahas masalah, kesulitan, dan langkah-langkah pembaharuan pendidikan Islam kontemporer. Pertanyaannya adalah: 1) Bagaimana Masalah Pendidikan Islam Kontemporer? 2) Bagaimana Tantangan Pendidikan Islam Kontemporer? 3) Bagaimana langkah-langkah yang diambil untuk pembaharuan pendidikan Islam kontemporer? Tulisan ini berupa penelitian kualitatif dengan menggunakan metode kajian pustaka (library research).Tulisan ini membahas masalah di dunia pendidikan Islam saat ini, yang berfokus pada pemisahan antara agama dan ilmu pengetahuan, yang mengakibatkan siswa terdegradasi moral dengan mengutamakan keuntungan pribadi. Selain itu, munculnya era industri 4.0, yang menciptakan ilmu pengetahuan, menyebabkan penurunan spritualitas siswa. Oleh karena itu, proses pembaharuan pendidikan Islam modern membutuhkan kemampuan untuk mengakselerasi hubungan antara agama dan ilmu pengetahuan. Agama harus menjadi dasar pengendali terhadap orientasi pragmatis dan materialisme. Perkembangan siswa dalam bidang ilmu pengetahuan juga harus diiringi dengan pemahaman agama. Tulisan ini berupa penelitian kualitatif dengan menggunakan metode kajian pustaka (library research). Hasil dari tulisan ini memperlihatkan bahwa langkah pembaharuan pendidikan islam kontemporer antara lain: 1) Kontrol terhadap orientasi materialisme dan pragmatis dalam dunia pendidikan 2) Kontrol atas kehadiran teknologi di dunia pendidikan 3) Perbaikan Kurikulum Pendidikan Islam.

Downloads

Published

2023-12-06

How to Cite

Rahmawati, N. A. ., & Supriyanto, S. (2023). Tantangan Dan Pembaharuan Pendidikan Islam Kontemporer Pada Era Revolusi Industri 4.0. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(4), 34–44. https://doi.org/10.31004/jh.v3i4.408