Tantangan Dan Pembaharuan Pendidikan Islam Kontemporer Pada Era Revolusi Industri 4.0
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v3i4.408Abstract
Tulisan ini membahas masalah, kesulitan, dan langkah-langkah pembaharuan pendidikan Islam kontemporer. Pertanyaannya adalah: 1) Bagaimana Masalah Pendidikan Islam Kontemporer? 2) Bagaimana Tantangan Pendidikan Islam Kontemporer? 3) Bagaimana langkah-langkah yang diambil untuk pembaharuan pendidikan Islam kontemporer? Tulisan ini berupa penelitian kualitatif dengan menggunakan metode kajian pustaka (library research).Tulisan ini membahas masalah di dunia pendidikan Islam saat ini, yang berfokus pada pemisahan antara agama dan ilmu pengetahuan, yang mengakibatkan siswa terdegradasi moral dengan mengutamakan keuntungan pribadi. Selain itu, munculnya era industri 4.0, yang menciptakan ilmu pengetahuan, menyebabkan penurunan spritualitas siswa. Oleh karena itu, proses pembaharuan pendidikan Islam modern membutuhkan kemampuan untuk mengakselerasi hubungan antara agama dan ilmu pengetahuan. Agama harus menjadi dasar pengendali terhadap orientasi pragmatis dan materialisme. Perkembangan siswa dalam bidang ilmu pengetahuan juga harus diiringi dengan pemahaman agama. Tulisan ini berupa penelitian kualitatif dengan menggunakan metode kajian pustaka (library research). Hasil dari tulisan ini memperlihatkan bahwa langkah pembaharuan pendidikan islam kontemporer antara lain: 1) Kontrol terhadap orientasi materialisme dan pragmatis dalam dunia pendidikan 2) Kontrol atas kehadiran teknologi di dunia pendidikan 3) Perbaikan Kurikulum Pendidikan Islam.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nur Aesiyah Rahmawati, Supriyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).