Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Untuk Meningkatkan Profesionalitas Akademik Guru Pondok Pesantren Di Bojonegoro

Authors

  • Nova Nevila Rodhi Universitas Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v3i4.415

Abstract

Masalah mutu pendidikan masih menjadi pokok pembicaraan yang aktual dan hangat. Ketika dihubungkan dengan pembangunan khususnya dalam sektor pendidikan maka berdampak pada motivasi dan kualitas guru yang masih rendah sehingga perlu ada upaya yang dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di setiap jenjang pendidikan. Akibatnya, hal tersebut akan berpengaruh pada pengembangan profesi guru, salah satunya melalui karya tulis ilmiah. Sebelum adanya upaya tersebut, bahwa guru-guru juga mengalami masalah dalam hal ini. Agar semakin tidak terpuruk dengan keadaan tersebut, maka pengembangan profesi guru harus terus diperhatikan. Pelatihan penulisan karya tulis ilmiah ini difokuskan pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) mengunakan pendekatan andragogi. Berdasarkan hasil pengamatan selama berlangsungnya pelatihan, nampak sekitar 90% mitra telah mampu memperlihatkan peningkatan yang signifikan. Sedangkan sisanya masih perlu mendapatkan latihan tambahan agar mereka bisa membuat proposal PTK dengan benar. Berdasarkan pengamatan selama pelatihan, pengetahuan dan kemampuan para guru di Pondok pesantren sudah terlihat meningkat. Hal ini ditunjukkan oleh partisipasi aktif para mitra pelatihan mulai dari penyusunan latar belakang masalah sampai dengan daftra pustaka. Hasil akhir analisis Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) menunjukkan bahwa penerima manfaat program merasa puas dengan kegiatan yang telah dilaksanakan

Downloads

Published

2023-12-08

How to Cite

Rodhi, N. N. (2023). Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Untuk Meningkatkan Profesionalitas Akademik Guru Pondok Pesantren Di Bojonegoro. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(4), 67–77. https://doi.org/10.31004/jh.v3i4.415