Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Untuk Meningkatkan Profesionalitas Akademik Guru Pondok Pesantren Di Bojonegoro
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v3i4.415Abstract
Masalah mutu pendidikan masih menjadi pokok pembicaraan yang aktual dan hangat. Ketika dihubungkan dengan pembangunan khususnya dalam sektor pendidikan maka berdampak pada motivasi dan kualitas guru yang masih rendah sehingga perlu ada upaya yang dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di setiap jenjang pendidikan. Akibatnya, hal tersebut akan berpengaruh pada pengembangan profesi guru, salah satunya melalui karya tulis ilmiah. Sebelum adanya upaya tersebut, bahwa guru-guru juga mengalami masalah dalam hal ini. Agar semakin tidak terpuruk dengan keadaan tersebut, maka pengembangan profesi guru harus terus diperhatikan. Pelatihan penulisan karya tulis ilmiah ini difokuskan pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) mengunakan pendekatan andragogi. Berdasarkan hasil pengamatan selama berlangsungnya pelatihan, nampak sekitar 90% mitra telah mampu memperlihatkan peningkatan yang signifikan. Sedangkan sisanya masih perlu mendapatkan latihan tambahan agar mereka bisa membuat proposal PTK dengan benar. Berdasarkan pengamatan selama pelatihan, pengetahuan dan kemampuan para guru di Pondok pesantren sudah terlihat meningkat. Hal ini ditunjukkan oleh partisipasi aktif para mitra pelatihan mulai dari penyusunan latar belakang masalah sampai dengan daftra pustaka. Hasil akhir analisis Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) menunjukkan bahwa penerima manfaat program merasa puas dengan kegiatan yang telah dilaksanakan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nova Nevila Rodhi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).