Sosialisasi Penguatan Peran Bela Negara Bagi Anak-Anak Di SDN Tegal Parang 01 Pagi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v3i4.419Abstract
Perkembangan teknologi dan modernitas pada zaman saat ini menjadikan pengaruh pada generasi muda yang sering bergaul melalui sosial media. Terkadang konten dalam sosial media terdapat sisi negatif dan positif, sisi negatifnya dapat menjadikan generasi muda terpengaruh dengan konten yang hedonisme, halusinasi, dan penyimpangan sikap. Hal tersebut berdampak langsung dengan sikap, mental, dan tumbuh kembang siswa. Sehingga sikap dan perilaku bela negara siswa menjadi rendah dan mulai mengalami penurunan. Berdasarkan pada analisis situasi yang dilakukan pada mitra, bahwa terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh Guru SDN Tegal Parang 01 Pagi. Para Guru mengatakan bahwa butuh adanya penyegaran dan pembaharuan pengetahuan serta keterampilan bela negara untuk siswa untuk meningkatkan sikap dan perilaku siswa agar dapat meningkatkan kedisiplinan dan prestasi belajar siswa. Oleh karena itu perlu adanya sosialisasi Bela Negara kepada anak Sekolah dasar di SDN Tegal Parang 01 Pagi. Tujuan hasil yang ingin dicapai dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah, Terbentuknya karakter peserta didik yang sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku, Terbentuknya karakter peserta didik yang unggul, menghargai proses sebagai peserta didik, mencintai sesama dan menghargai serta menghormati guru, Dapat mengidentifikasi dan memetakan masalah karakter peserta didik sehingga solusi yang ditawarkan sesuai dengan karakteristik masalah yang dihadapi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mohamad Rifqi Rizqathallah, Angelica Anastasia Putri, Ahmad Khoiril Anam, Kayus Kayowuan Lewoleba, Suprima Suprima, Dwi Desi Yayi Tarina, Ronald Manalu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).