Pembekalan Dan Pelatihan Penulisan Esai Pada Mahasiswa/i Jurusan Agribisnis
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v3i4.420Abstract
Rendahnya minat menulis di kalangan Gen-Z, tidak bisa dipandang sebelah mata. Padahal semestinya generasi Gen-Z, khususnya mahasiswa/i ketika menempuh pendidikan, harus mengasah kemampuan menulisnya, agar nantinya mereka mampu menghasilkan tugas akhir yang berkualitas. Kegiatan pembekalan dan pelatihan penulisan esai ditujukan untuk meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa/i secara sistematis dan logis. Metode yang digunakan adalah metode pelatihan. Kegiatan pembekalan dan pelatihan penulisan esai dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada tanggal 30 Oktober sampai dengan 1 November 2023 di laboratorium IKPM Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman. Peserta berjumlah 21 orang, dan dilaksanakan secara luring (luar jaringan) atau offline. Kegiatan ini diawali dengan memberikan pemahaman dari sejarah penulisan esai, alasan menulis esai, berbagai pemahaman tentang esai, esai akademis dan esai kreatif, dan tips menulis esai. Hasil dari pelaksanaan kegiatan pembekalan dan pelatihan penulisan esai ini adalah secara keseluruhan kegiatan ini telah mampu memberikan hasil yang positif bagi para peserta. Peserta dinilai berhasil menulis esai yang logis dan sistematis, dan hal ini memberikan peluang bagi peserta untuk berkontribusi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan. Di samping itu, kegiatan ini bukan hanya sekadar pembekalan dan pelatihan penulisan esai, tetapi juga langkah nyata menuju peningkatan kapasitas peserta, serta memperkuat semangat keberanian dalam mengemukakan gagasan atau ide melalui tulisan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Gisky Andria Putra, Rita Mariati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).