Edukasi Bullying Pada Anak Sekolah Dasar Dalam Pendidikan Multikultural

Authors

  • Vivi Uvaira Hasibuan Universitas Haji Sumatera Utara
  • Wiwik Lestari Universitas Haji Sumatera Utara
  • Fitri Yani Universitas Haji Sumatera Utara
  • Stelly Martha Lova Universitas Haji Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v3i4.430

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi bullying pada anak dalam pendidikan multikultural yang menerapkan sikap peduli, menghargai, dan menghormati setiap perbedaan  anak di lingkungan sekolah. Hal ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang dihadapi    diantaranya mengenai bullying dan strategi penerapan pendidikan multikulturalisme pada anak Sekolah Dasar. Solusi untuk mengatasi permasalahan kegiatan PKM  di antaranya: (1) Melaksanakan penyuluhan terkait pendidikan multikultural dengan cara demontrasi kegiatan mendongeng; (2) Anak diminta melakukan pengamatan dan menyimak kegiatan mendongeng; (3) Mengadakan sesi diskusi dan curah pendapat dengan anak-anak tentang apa yang mereka amati: dan (4) Memberikan motivasi tentang pentingnya kesadaran mengenai lingkungan yang multikultural dan menolak Tindakan bullying. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan melalui observasi lingkungan, diskusi permasalahan, dan penetapan solusi permasalahan, melaksanakan program pendampingan, monitoring dan evaluasi, tindak lanjut mengembangkan program pendampingan pada aspek yang lain dan skala yang lebih luas. Hasil kegiatan PKM yaitu rata-rata keberhasilan pemahaman siswa secara keseluruhan dari 10 pertanyaan yang diajukan ada 71,81% dengan kategori Baik artinya dapat dipahami dengan baik oleh siswa isi dongeng secara keseluruhan, jadi melalui kegiatan PKM ini edukasi tindakan bullying di SDN No. 066650 Medan Kota  dalam Pendidikan multikultural diyakini dapat menurunkan tindakan bullying pada anak.

Downloads

Published

2023-12-12

How to Cite

Hasibuan, V. U. ., Lestari, W., Yani, F., & Lova, S. M. . (2023). Edukasi Bullying Pada Anak Sekolah Dasar Dalam Pendidikan Multikultural. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(4), 117–125. https://doi.org/10.31004/jh.v3i4.430