Pelatihan Model Pembelajaran Jigsaw Di SD/MI Bulu Cina Kecaamatan Hamparan Perak

Authors

  • Bahtiar Siregar Universitas Pembangunan Panca Budi Medan
  • Anwar Hutasuhut Universitas Pembangunan Panca Budi Medan
  • Tumiran Tumiran Universitas Pembangunan Panca Budi Medan
  • Abdi Syahrial Universitas Pembangunan Panca Budi Medan
  • Rahayu Dwi Utami Universitas Pembangunan Panca Budi Medan
  • Panca Abdini Sitorus Universitas Pembangunan Panca Budi Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v3i4.481

Abstract

Model pembelajaran jigsaw yang digunakan berhasil membuat siswa aktif dalam kelas saat belajar. meliputi pertama, guru membagi siswa dalam 5 kelompok setelah itu siswa disuruh memilih ketua kelompok setelah itu setiap ketua kelomppok mengambil soal yang telah di siapkan guru dan setiap kelompok berdiskusi setela selesai salah stu berpindah kekelompok yang lain untuk memahami soal berikutnya, kedua siswa harus berpikir agar bsa menjelaskan apa maksud dari soal yang telah diberikan oleh guru, setelah itu setiap kelompok mempresentasikan hasil yang mereka dapatkan. Faktor pendukung adalah semua faktor yang sifatnya turut mendorong, menyokong, melancarkan, menunjang, membantu, mempercepat dan sebagainya terjadinya sesuatu. Adapun yang dimaksud dengan faktor penghambat adalah semua jenis faktor yang sifatnya menghambat (menjadikan lambat) atau bahkan menghalangi dan menahan terjadinya sesuatu. Selain itu juga siswa di dalam kelompok kurang aktif karena setiap orang yang diutus menjadi kelompok tim ahli hanya berpatokan kepada buku yang mereka pegang, jadi yang terlihat adalah siswa-siswa hanya menghafal dan bukan memahami, sehingga ketika kembali ke kelompok semula, dalam penyampaiannya hanya membacakan buku kembali.Selain adanya faktor pendukung dan penghambat dalam model pembelajaran Jigsaw.

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

Siregar, . B. ., Hutasuhut, . A. ., Tumiran, . T., Syahrial, A., Utami, . R. D. ., & Sitorus, P. A. . (2023). Pelatihan Model Pembelajaran Jigsaw Di SD/MI Bulu Cina Kecaamatan Hamparan Perak. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(4), 332–336. https://doi.org/10.31004/jh.v3i4.481