Pemberdayaan Guru Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Kurikulum Merdeka Di Sd Miftahussa’adah

Authors

  • Erna Zumrotun Universitas Islam Nahdlatul Ulama
  • Muhammad Alie Muzakki Universitas Islam Nahdlatul Ulama
  • Syailin Nichla Choirin Attalina Universitas Islam Nahdlatul Ulama
  • Aan Widiyono Universitas Islam Nahdlatul Ulama
  • Hamidaturrohmah Hamidaturrohmah Universitas Islam Nahdlatul Ulama
  • Abdullah Efendi Universitas Islam Nahdlatul Ulama

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v3i4.485

Abstract

Implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah dasar masih belum optimal. Belum adanya pemahaman utuh serta kreatifitas dalam proses pembelajaran berdiferensiasi yang dilakukan oleh guru.  Salah satunya di SD Miftahussa’adah. Sehingga butuh support system dalam upaya peningkatan kualitas SDM dan mutu pembelajaran agar berkualitas dan bermakna. Sesuai dengan kesepakatan mitra, prioritas permasalahan diatas akan mendapatkan solusi dengan membuat kegiatan pelatihan terkait pengembangan perangkat pembelajaran pada Kurikulum Merdeka dan peningkatan mutu pembelajaran di Sekolah Dasar Miftahussa’adah. Adapun metode pelaksanakan program pengabdian sekolah binaan ini meliputi beberapa tahap yaitu: (1) tahap sosialisasi dengan sharing materi pengembangan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka untuk jenjang sekolah dasar, (2) tahap pelatihan dilakukan dengan memberikan materi pembuatan media pembelajaran digital, asesmen kurikulum merdeka, pembelajaran berdiferensiasi melalui Canva, Chat Gpt dan Tome.App. (3) tahap pendampingan dilakukan dengan mendampingi mitra dalam praktik membuat media pembelajaran digital dengan mengacu pada konsep merdeka belajar, dan (4) tahap evaluasi (keberlanjutan) dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada mitra untuk keberhasilan mitra dalam memahami implementasi kurikulum merdeka serta pembuatan media pembelajaran yang inovatif. Hasil Pengabdian menunjukkan bahwa 94% dari mitra merasa puas dengan kemampuan mereka dalam membuat modul ajar yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Selain itu, 96% dari mitra juga merasa terbantu dalam menciptakan inovasi media pembelajaran digital dengan bantuan alat seperti Canva, Chat GPT, dan Tome.App.

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

Zumrotun, . E. ., Muzakki, M. A. ., Attalina, S. N. C. ., Widiyono, A. ., Hamidaturrohmah, H., & Efendi, A. . (2023). Pemberdayaan Guru Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Kurikulum Merdeka Di Sd Miftahussa’adah . Journal Of Human And Education (JAHE), 3(4), 373–379. https://doi.org/10.31004/jh.v3i4.485