Pemberdayaan Guru Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Kurikulum Merdeka Di Sd Miftahussa’adah
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v3i4.485Abstract
Implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah dasar masih belum optimal. Belum adanya pemahaman utuh serta kreatifitas dalam proses pembelajaran berdiferensiasi yang dilakukan oleh guru. Salah satunya di SD Miftahussa’adah. Sehingga butuh support system dalam upaya peningkatan kualitas SDM dan mutu pembelajaran agar berkualitas dan bermakna. Sesuai dengan kesepakatan mitra, prioritas permasalahan diatas akan mendapatkan solusi dengan membuat kegiatan pelatihan terkait pengembangan perangkat pembelajaran pada Kurikulum Merdeka dan peningkatan mutu pembelajaran di Sekolah Dasar Miftahussa’adah. Adapun metode pelaksanakan program pengabdian sekolah binaan ini meliputi beberapa tahap yaitu: (1) tahap sosialisasi dengan sharing materi pengembangan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka untuk jenjang sekolah dasar, (2) tahap pelatihan dilakukan dengan memberikan materi pembuatan media pembelajaran digital, asesmen kurikulum merdeka, pembelajaran berdiferensiasi melalui Canva, Chat Gpt dan Tome.App. (3) tahap pendampingan dilakukan dengan mendampingi mitra dalam praktik membuat media pembelajaran digital dengan mengacu pada konsep merdeka belajar, dan (4) tahap evaluasi (keberlanjutan) dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada mitra untuk keberhasilan mitra dalam memahami implementasi kurikulum merdeka serta pembuatan media pembelajaran yang inovatif. Hasil Pengabdian menunjukkan bahwa 94% dari mitra merasa puas dengan kemampuan mereka dalam membuat modul ajar yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Selain itu, 96% dari mitra juga merasa terbantu dalam menciptakan inovasi media pembelajaran digital dengan bantuan alat seperti Canva, Chat GPT, dan Tome.App.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Erna Zumrotun, Muhammad Alie Muzakki, Syailin Nichla Choirin Attalina. Aan Widiyono4,Hamidaturrohmah, Abdullah Efendi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).