Pengembangan Produk Wirausaha Mahasiswa PG-PAUD Di Mata Kuliah Entrepreneurship PAUD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v3i4.487Abstract
Fakta empiris menunjukkan bahwa jumlah lulusan perguruan tinggi dari waktu ke waktu mengalami kenaikan yang signifikan, sedangkan daya serap pasar kerja sangat kecil. Akibatnya angka pengangguran terbuka di Indonesia cukup tinggi yaitu mencapai angka 9-10 % dan termasuk di dalamnya adalah penganggur terdidik alumni perguruan tinggi. Untuk mengatasi tingginya pengangguran terdidik tersebut maka dipandang perlu menumbuhkembangkan kewirausahaan di kalangan mahasiswa. Sebagai bagian dari program Kampus Merdeka dalam pengembangan wirausaha baru, maka Kemendikbud mendorong mahasiswa untuk menjadi bangsa yang mandiri dengan memberikan peluang usaha yang berguna bagi mahasiswa setelah menyelesaikan masa studinya. Sasaran dari program ini adalah mahasiswa PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Buton sebagai penyelenggara pendidikan yang masih aktif. Mereka yang telah ikut berpartisipasi pada program mata kuliah Enterpreneurship pendidikan guru anak usia dini dan tercantum pada pangkalan data pendidikan tinggi. Jumlah mahasiswa yang ikut berpartisipasi adalah 13 orang mahasiswa. Kelompok tersebut diharapkan sudah memiliki bekal kegiatan wirausaha yang sudah dirintis sebelumnya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Adnan, Ramayani, Chandra Apriansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).