Pelatihan Daur Ulang Kertas Sampah Menjadi Seni Kerajinan Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v2i2.49Keywords:
Daur Ulang, Kertas Sampah, KerajinanAbstract
Pengendalian sampah yang tidak baik dapat berdampak buruk bagi lingkungan. Terdapat banyak jenis sampah yang tidak dikelola dengan optimal, salah satunya adalah sampah kertas. Sampah kertas dapat dimanfaatkan menjadi kerajinan tangan sebagai cara untuk mengurangi, dan mendaur ulang sampah menjadi karya seni yang bermanfaat. Pelatihan ini bertujuan untuk mengedukasi siswa kelas 6 SDN 3 Buaran pada mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) melalui pemanfaatan kertas bekas menjadi karya seni yang bermanfaat. Pelatihan dilaksanakan pada bulan Februari 2022 dengan lokasi kegiatan di SDN 3 Buaran Mayong Jepara. Hasil pelatihan diperoleh bahwa kertas bekas dapat diolah menjadi karya seni yang memiliki nilai estetika yang optimal. Selain itu, para siswa di SDN 3 Buaran memperoleh motivasi dan dukungan penuh dari para guru dan kepala sekolah. Hal ini dapat dilihat melalui hasil karya siswa, keaktifan bertanya, dan rasa antusias yang tinggi selama proses pelatihan.
References
Aan Widiyono, Diana Mustafidah, Safruddin, Ahmad Ainun Nuvus, Lu’lu’ul Maknun, Ahmad Syarif Hidayatullah. 2021. “Pengolahan Limbah Padi Dan Kotoran Kerbau Menjadi Pupuk Kompos Di Desa Kaliombo.” J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) 9(2):84–89.
Adi, Sigit Purnomo. 2019. “Pemanfaatan Kolase Dengan Media Kertas Dan Plastik Bekas Dalam Karya Monoprint Yang Ramah Lingkungan.” Brikolase : Jurnal Kajian Teori, Praktik Dan Wacana Seni Budaya Rupa 11(1):70–75. doi: 10.33153/brikolase.v11i1.2668.
Agustini, Dwi, Irna Il Sanuriza, Khaerul Ihwan, Irma Risvana Dewi, and Andri Azmul Fauzi. 2020. “Pelatihan Pengolahan Limbah Kertas Menjadi Benda Seni Kerajinan Pada Siswa-Siswi SMPN 19 Mataram.” Jurnal Pengabdian Masyarkat 1(1):10–14.
Fakhriyah, Fina, Savitri Wanabuliandari, and Sekar Dwi Ardianti. 2016. “Pendampingan Pemanfaatan Sampah Plastik Dan Kertas Untuk Media Pembelajaran Inovatif Bagi Guru Di SDN 5 Bae, Kudus.” Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 1(1):48–55. doi: 10.30653/002.201611.8.
Lusiana, Tri Andari dan Restu. 2017. “Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Desa Sukolilo Melalui Pemanfaatan Limbah Kertas Menjadi Produk Bernilai Ekonomi.” Jurnal Terapan Abdimas 2:48. doi: 10.25273/jta.v2i0.976.
Marliani, Novi. 2014. “Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga ( Sampah Anorganik ) Sebagai Bentuk Implementasi.” Formatif 4(2):124–32.
Qur’aeni, Asyifa Lu’lu, Syifaul Fuada, and Heni Herlinawati. 2021. “Pelatihan Kerajinan Kertas Kokoru Guna Meningkatkan Keterampilan Siswa SDN Cintalaksana 1 Karawang.” Community Empowerment 6(8):1376–87. doi: 10.31603/ce.5034.
Sanchez, Briandie, Ruslan Wirosoedarmo, and Bambang Suharto. 2014. “Analisis Finansial Sampah Kertas Di Universitas Brawijaya.” Jurnal Sumberdaya Alam Dan Lingkungan 1(2).
Sumanto, Muhana Gipayana, and Rumidjan. 2015. “Kerajinan Tangan Di Blitar Sebagai Sumber Belajar Seni Budaya Dan Prakarya (SBdP) Sekolah Dasar.” Jurnal Sekolah Dasar 24(2):111–23.
Wahyono, Sri. 2001. “Pengelolaan Sampah Kertas Di Indonesia.” Jurnal Teknologi Lingkungan 2(3):276–80.
Widiyono, Joko Minardi, Nurul Komaryatin, Masrurotun. 2021. “Pendampingan Pengelolan Unit Simpan Pinjam Bumdes Melalui Aplikasi LK-BUMDes.” Jurnal Berdaya Mandiri Vol. 3(1):538–51.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).