Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Software Sparkol VideoScribe di SMA Dharma Amiluhur
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v2i2.51Keywords:
Video Pembelajaran, Videoscribe, Pemanfaatan TeknologiAbstract
Perkembangan teknologi tidak dapat dihindari pengaruhnya terhadap tercipatanya inovasi pada dunia pendidikan. Inovasi tersebut dapat berupa pembuatan video pembelajaran berbantuan software sparkol videoscribe. Software tersebut telah terbukti dapat meningkatkan hasil dan motivasi belajar siswa. Sayangnya, guru di SMA Dharma Amiluhur belum merasakan manfaat software tersebut. Untuk itu, tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan pelatihan pembuatan video pembelajaran menggunakan software sparkol videoscribe. Metode pengabdian dilakukan dengan observasi langsung dan workshop. Temapt pengabdian adalah SMA Dharma Amailuhur dengan pesertanya adalah 19 guru semua mata pelajaran. Pelaksanaan workshop dilakukan selama 2 bulan dengan 3 pertemuan setiap bulannya. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa mulanya guru di SMA Dharma Amiluhur belum mengetahui pemanfaatan software tersebut. Akan tetapi, dengan adanya pelatihan yang diberikan guru di SMA Dharma Amiluhur dapat memanfaatkannya. Pada saat workshop, jumlah guru yang hadir >90%, antusiasmenya tinggia, dan guru telah dapat membuat video pembelajaran berbantuan software sparkol video scribe. Untuk itu, dapat disimpulkan bahwa indikator keberhasilan pengabdian telah tercapai karena ketrampilan guru di SMA Dharma Amiluhur telah meningkat dengan memanfaatkan software tersebut.
References
Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan video pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan model R&D. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 62-78.
Akbar, M. R., Hakim, A. R., & Haris, A. (2020). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Video Dengan Videoscribe Untuk Mengoptimalisasi Pembelajaran Berbasis 4.0. Darmabakti: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 51-57.
Amin, S. (2019). Peningkatan profesionalisme guru melalui pelatihan pengembangan media pembelajaran sparkol videoscribe di Kabupaten Malang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(4), 563-572.
Febrianto, A., & Saputra, N. (2021). Pelatihan Media Pembelajaran Inovatif dengan VideoScribe Bagi Guru SDN Malangrejo. Community Empowerment, 6(1), 24-28.
Hasan, A. A., & Baroroh, U. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Aplikasi Videoscribe Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. ????????? (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Pembelajarannya, 9(2), 140-155.
Hasanah, N., & Kumalasari, D. (2015). Penggunaan handphone dan hubungan teman pada perilaku sosial siswa smp muhammadiyah luwuk sulawesi tengah. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(1), 55-70.
Istiqomah, I., Agustito, D., Sulistyowati, F., Yuliani, R., & Irsyad, M. (2021). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe untuk Meningkatkan Kemampuan 3N (Niteni, Nirokke, Nambahi). Community Empowerment, 6(3), 464-471.
Kausar, A., Salasi, R., & Hidayat, M. (2020). Penerapan model discovery learning berbantuan media videoscribe terhadap hasil belajar siswa pada materi koordinat kartesius di smpn 7 banda aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 5(1), 62-69.
Kholifa, I., & Suswanti, S. (2019, May). Pengembangan Laboratorium Matematika Virtual Dengan Software Appy Pie Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Adaptive E-Learning. In Prosiding Seminar Nasional MIPA Kolaborasi (Vol. 1, No. 1, pp. 162-172).
Muzijah, R., Wati, M., & Mahtari, S. (2020). Pengembangan e-modul menggunakan aplikasi Exe-Learning untuk melatih literasi sains. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(2), 89-98.
Nuryadi, N. (2018). Keefektifan media matematika virtual berbasis teams game tournament ditinjau dari cognitive load theory. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 4(1), 1-14.
Oktavian, R., & Aldya, R. F. (2020). Efektivitas pembelajaran daring terintegrasi di era pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 129-135.
Pangga, D., Ahzan, S., Gummah, S., & Prayogi, S. (2021). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Untuk Guru Ma Al-Istiqomah Nw Bedus. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(2), 203-206.
Pamungkas, A. S., Ihsanudin, I., Novaliyosi, N., & Yandari, I. A. V. (2018). Video pembelajaran berbasis sparkol videoscribe: Inovasi pada perkuliahan sejarah matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 127-135.
Pradilasari, L., Gani, A., & Khaldun, I. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis audio visual pada materi koloid untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1), 9-15.
Prancisca, S., Ikhsanudin., Fergina, A., & Rizqi, M.A. (2021). Pelatihan dan pendampingan tutor adik dosen. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(5), 1151-1157.
Rahadian, D. (2017). Teknologi informasi dan komunikasi (tik) dan kompetensi teknologi pembelajaran untuk pengajaran yang berkualitas. Teknologi Pembelajaran, 2(1), 234-254.
Rahmawati, F., Soegimin, W. W., & Kardi, S. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika model inkuiri terbimbing berbantuan videoscribe pada materi kalor untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMAN 1 Kedungwaru. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 5(2), 1039-1047.
Riyanto, R., & Ardiyansah, B. (2017). Penerapan Media Karikatur Berbasis Sparkol Video Scribe Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognetif Pada Matakuliah Genetika Mahasiswa Biologi Kalas-A Angkatan 2014-IBU. Edubiotik: Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 2(02), 18-25.
Refonita, L. A. S. (2021). Pengaruh media sparkol videoscribe terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran sistem komputer kelas X. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 8(2), 161-171.
Santoso, M. B., Irfan, M., & Nurwati, N. (2020). Transformasi Praktik Pekerjaan Sosial Menuju Masyarakat 5.0. Sosio Informa, 6(2), 170-183.
Sholeh, M., & Sutanta, E. (2019). Pendampingan Pengembangan Bahan Ajar dengan Videoscribe pada Guru Smk Tembarak Temanggung. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1-9.
Susanti, B. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video Scribe untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Pinang. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 387-396.
Syamsuar, S., & Reflianto, R. (2019). Pendidikan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi di era revolusi industri 4.0. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2).
Wicaksono, A. B., Chasanah, A. N., Franita, Y., & Khasna, I. N. K. (2021). PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE BAGI GURU MTS DI KOTA MAGELANG. Indonesian Journal of Community Service, 1(1), 1-6.
Yusup, M., Aini, Q., & Pertiwi, K. D. (2016). Media audio visual menggunakan videoscribe sebagai penyajian informasi pembelajaran pada kelas sistem operasi. Technomedia Journal, 1(1 Agustus), 126-138.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).