Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Software Sparkol VideoScribe di SMA Dharma Amiluhur

Authors

  • Nanang Khuzaini Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Nafida Hetty Marhaeni Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Nuryadi Nuryadi Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v2i2.51

Keywords:

Video Pembelajaran, Videoscribe, Pemanfaatan Teknologi

Abstract

Perkembangan teknologi tidak dapat dihindari pengaruhnya terhadap tercipatanya inovasi pada dunia pendidikan. Inovasi tersebut dapat berupa pembuatan video pembelajaran berbantuan software sparkol videoscribe. Software tersebut telah terbukti dapat meningkatkan hasil dan motivasi belajar siswa. Sayangnya, guru di SMA Dharma Amiluhur belum merasakan manfaat software tersebut. Untuk itu, tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan pelatihan pembuatan video pembelajaran menggunakan software sparkol videoscribe. Metode pengabdian dilakukan dengan observasi langsung dan workshop. Temapt pengabdian adalah SMA Dharma Amailuhur dengan pesertanya adalah 19 guru semua mata pelajaran. Pelaksanaan workshop dilakukan selama 2 bulan dengan 3 pertemuan setiap bulannya. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa mulanya guru di SMA Dharma Amiluhur belum mengetahui pemanfaatan software tersebut. Akan tetapi, dengan adanya pelatihan yang diberikan guru di SMA Dharma Amiluhur dapat memanfaatkannya. Pada saat workshop, jumlah guru yang hadir >90%, antusiasmenya tinggia, dan guru telah dapat membuat video pembelajaran berbantuan software sparkol video scribe. Untuk itu, dapat disimpulkan bahwa indikator keberhasilan pengabdian telah tercapai karena ketrampilan guru di SMA Dharma Amiluhur telah meningkat dengan memanfaatkan software tersebut.

Author Biographies

Nanang Khuzaini, Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Pendidikan Matematika

Nafida Hetty Marhaeni, Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Pendidikan Matematika

Nuryadi Nuryadi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Pendidikan Matematika

References

Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan video pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan model R&D. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 62-78.

Akbar, M. R., Hakim, A. R., & Haris, A. (2020). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Video Dengan Videoscribe Untuk Mengoptimalisasi Pembelajaran Berbasis 4.0. Darmabakti: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 51-57.

Amin, S. (2019). Peningkatan profesionalisme guru melalui pelatihan pengembangan media pembelajaran sparkol videoscribe di Kabupaten Malang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(4), 563-572.

Febrianto, A., & Saputra, N. (2021). Pelatihan Media Pembelajaran Inovatif dengan VideoScribe Bagi Guru SDN Malangrejo. Community Empowerment, 6(1), 24-28.

Hasan, A. A., & Baroroh, U. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Aplikasi Videoscribe Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. ????????? (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Pembelajarannya, 9(2), 140-155.

Hasanah, N., & Kumalasari, D. (2015). Penggunaan handphone dan hubungan teman pada perilaku sosial siswa smp muhammadiyah luwuk sulawesi tengah. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(1), 55-70.

Istiqomah, I., Agustito, D., Sulistyowati, F., Yuliani, R., & Irsyad, M. (2021). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe untuk Meningkatkan Kemampuan 3N (Niteni, Nirokke, Nambahi). Community Empowerment, 6(3), 464-471.

Kausar, A., Salasi, R., & Hidayat, M. (2020). Penerapan model discovery learning berbantuan media videoscribe terhadap hasil belajar siswa pada materi koordinat kartesius di smpn 7 banda aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 5(1), 62-69.

Kholifa, I., & Suswanti, S. (2019, May). Pengembangan Laboratorium Matematika Virtual Dengan Software Appy Pie Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Adaptive E-Learning. In Prosiding Seminar Nasional MIPA Kolaborasi (Vol. 1, No. 1, pp. 162-172).

Muzijah, R., Wati, M., & Mahtari, S. (2020). Pengembangan e-modul menggunakan aplikasi Exe-Learning untuk melatih literasi sains. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(2), 89-98.

Nuryadi, N. (2018). Keefektifan media matematika virtual berbasis teams game tournament ditinjau dari cognitive load theory. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 4(1), 1-14.

Oktavian, R., & Aldya, R. F. (2020). Efektivitas pembelajaran daring terintegrasi di era pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 129-135.

Pangga, D., Ahzan, S., Gummah, S., & Prayogi, S. (2021). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Untuk Guru Ma Al-Istiqomah Nw Bedus. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(2), 203-206.

Pamungkas, A. S., Ihsanudin, I., Novaliyosi, N., & Yandari, I. A. V. (2018). Video pembelajaran berbasis sparkol videoscribe: Inovasi pada perkuliahan sejarah matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 127-135.

Pradilasari, L., Gani, A., & Khaldun, I. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis audio visual pada materi koloid untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1), 9-15.

Prancisca, S., Ikhsanudin., Fergina, A., & Rizqi, M.A. (2021). Pelatihan dan pendampingan tutor adik dosen. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(5), 1151-1157.

Rahadian, D. (2017). Teknologi informasi dan komunikasi (tik) dan kompetensi teknologi pembelajaran untuk pengajaran yang berkualitas. Teknologi Pembelajaran, 2(1), 234-254.

Rahmawati, F., Soegimin, W. W., & Kardi, S. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika model inkuiri terbimbing berbantuan videoscribe pada materi kalor untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMAN 1 Kedungwaru. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 5(2), 1039-1047.

Riyanto, R., & Ardiyansah, B. (2017). Penerapan Media Karikatur Berbasis Sparkol Video Scribe Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognetif Pada Matakuliah Genetika Mahasiswa Biologi Kalas-A Angkatan 2014-IBU. Edubiotik: Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 2(02), 18-25.

Refonita, L. A. S. (2021). Pengaruh media sparkol videoscribe terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran sistem komputer kelas X. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 8(2), 161-171.

Santoso, M. B., Irfan, M., & Nurwati, N. (2020). Transformasi Praktik Pekerjaan Sosial Menuju Masyarakat 5.0. Sosio Informa, 6(2), 170-183.

Sholeh, M., & Sutanta, E. (2019). Pendampingan Pengembangan Bahan Ajar dengan Videoscribe pada Guru Smk Tembarak Temanggung. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1-9.

Susanti, B. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video Scribe untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Pinang. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 387-396.

Syamsuar, S., & Reflianto, R. (2019). Pendidikan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi di era revolusi industri 4.0. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2).

Wicaksono, A. B., Chasanah, A. N., Franita, Y., & Khasna, I. N. K. (2021). PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE BAGI GURU MTS DI KOTA MAGELANG. Indonesian Journal of Community Service, 1(1), 1-6.

Yusup, M., Aini, Q., & Pertiwi, K. D. (2016). Media audio visual menggunakan videoscribe sebagai penyajian informasi pembelajaran pada kelas sistem operasi. Technomedia Journal, 1(1 Agustus), 126-138.

Downloads

Published

2022-05-09

How to Cite

Khuzaini, N., Marhaeni, N. H., & Nuryadi, N. (2022). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Software Sparkol VideoScribe di SMA Dharma Amiluhur. Journal Of Human And Education (JAHE), 2(2), 19–25. https://doi.org/10.31004/jh.v2i2.51