Pengenalan Digital Marketing Untuk Pelaku Usaha UMKM Diwilayah Kecamatan Pangkah
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i1.528Abstract
Media sosial adalah sekelompok aplikasi berbasis internet yang membuat ideologi yang memungkinkan orang membuat dan berbagi konten yang mereka buat. Media sosial dapat membantu bisnis kecil dan menengah (UMKM) memasarkan barang mereka. Aplikasi media sosial, seperti pesan instan dan situs jejaring sosial, memungkinkan pengguna berinteraksi, berhubungan, dan berkomunikasi satu sama lain. Aplikasi-aplikasi ini bertujuan untuk mengumpulkan dan menyebarkan informasi online tentang pengalaman konsumen saat mengonsumsi barang atau merek tertentu. Tujuan utama dari aplikasi-aplikasi ini adalah untuk melibatkan masyarakat. Dalam bisnis, partisipasi orang dapat menghasilkan keuntungan, salah satunya melalui digital marketing. Media sosial dianggap memiliki kemampuan untuk secara langsung meraih pelanggan, karena mereka murah dan tidak memerlukan keterampilan khusus untuk memulai bisnis. Tim Pengabdian kepada Masyarakat termotivasi untuk memberi tahu orang lain tentang penggunaan teknologi informasi dan komunikasi ini karena pelaku UMKM kurang memahami digital marketing. Hasil dari program pengabdian masyarakat kepada pelaku usaha UMKM di wilayah Kecamatan Pangkah berdampak positif pada mereka yang berpartisipasi. Ini terbukti dengan peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan kualitas produk, jumlah, jenis, dan omset, kemampuan manajemen, keuntungan, dan jumlah wirausaha baru.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 M. Wahab Khasbulloh, Muthi’atul Khasanah, Wiliyanto Wiliyanto, Muammar Afif Al Qusaeri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).