Pengenalan Digital Marketing Untuk Pelaku Usaha UMKM Diwilayah Kecamatan Pangkah

Authors

  • M. Wahab Khasbulloh Universitas Bhamada Slawi
  • Muthi’atul Khasanah Universitas Bhamada Slawi
  • Wiliyanto Wiliyanto Universitas Bhamada Slawi
  • Muammar Afif Al Qusaeri Universitas Bhamada Slawi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i1.528

Abstract

Media sosial adalah sekelompok aplikasi berbasis internet yang membuat ideologi yang memungkinkan orang membuat dan berbagi konten yang mereka buat. Media sosial dapat membantu bisnis kecil dan menengah (UMKM) memasarkan barang mereka. Aplikasi media sosial, seperti pesan instan dan situs jejaring sosial, memungkinkan pengguna berinteraksi, berhubungan, dan berkomunikasi satu sama lain. Aplikasi-aplikasi ini bertujuan untuk mengumpulkan dan menyebarkan informasi online tentang pengalaman konsumen saat mengonsumsi barang atau merek tertentu. Tujuan utama dari aplikasi-aplikasi ini adalah untuk melibatkan masyarakat. Dalam bisnis, partisipasi orang dapat menghasilkan keuntungan, salah satunya melalui digital marketing. Media sosial dianggap memiliki kemampuan untuk secara langsung meraih pelanggan, karena mereka murah dan tidak memerlukan keterampilan khusus untuk memulai bisnis. Tim Pengabdian kepada Masyarakat termotivasi untuk memberi tahu orang lain tentang penggunaan teknologi informasi dan komunikasi ini karena pelaku UMKM kurang memahami digital marketing. Hasil dari program pengabdian masyarakat kepada pelaku usaha UMKM di wilayah Kecamatan Pangkah berdampak positif pada mereka yang berpartisipasi. Ini terbukti dengan peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan kualitas produk, jumlah, jenis, dan omset, kemampuan manajemen, keuntungan, dan jumlah wirausaha baru.

Downloads

Published

2024-01-10

How to Cite

Khasbulloh, M. W. ., Khasanah, M. ., Wiliyanto, W., & Al Qusaeri, M. A. . (2024). Pengenalan Digital Marketing Untuk Pelaku Usaha UMKM Diwilayah Kecamatan Pangkah . Journal Of Human And Education (JAHE), 4(1), 1–5. https://doi.org/10.31004/jh.v4i1.528