Penerapan Teknik Dasar Lompat Jauh Melalui Psikologi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i1.538Abstract
Siswa SD 010 Batu Sasak belum sepenuhnya mengetahui teknik dasar lompat jauh baik teori maupun praktek karena olahraga lompat jauh ini mengajar hanya sebatas melakukan lompatan di bak lompat saja dan emosional siswa juga belum stabil pada saat beraktivitas gerak dalam olahraga khususnya saat melakukan lompat jauh. Latihan teknik lompat jauh ini memerlukan keterampilan yang khusus, terutama untuk anak sekolah dasar. Dimana teknik dasarnya terdiri dari awalan, tumpuan, melayang dan mendarat. Siswa sekolah dasar harus memahami bagaimana melakukan awalan yang harus berlari kencang sampai ke balok tumpuan. Setelah sampai ke tumpuan bagaimana seswa sekolah dasar harus pas tumpuan kaki dibalok tumpuan sehingga bisa melakukan tolakan ketebalan – kuatnya. Lalu siswa melakukan melayang diudara dan medarat dengan ke dua kaki dengan baik. Penggunaan Psikologi Olahraga menjadi keharusan untuk mengatasi masalah-masalah psikologis siswa sekolah dasar juga bagaimana penanganan aspek psikologis ini dapat meningkatkan minat dan semangat siswa dalam mempraktekkan lompat jauh. Psikologi Olahraga merupakan ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam konteks untuk meningkatkan prestasi olahraga.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Raffly Henjilito, Didik Widiantoro, M. Fransazeli Makorohim, Insani Zikri, Iqmal Maulana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).