Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Terintegrasi Kearifan Lokal Bagi Guru SMP Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v3i4.545Abstract
Salah satu penggunaan teknologi dalam pembelajaran adalah sebagai media pembelajaran, seperti Augmented Reality (AR) atau dalam Bahasa Indonesia disebut Realitas tertambah, merupakan aplikasi yang mengintegrasikan objek virtual 3D / Three Dimensions ke dalam sebuah lingkungan nyata. Penggunaan aplikasi tersebut mempermudah proses pembelajaran serta mampu meningkatkan keterampilan guru dalam transformasi digital pendidikan. Bertolak dari berbagai permasalahan yang dihadapi para guru dalam pembelajaran, salah satu kecenderungan bahwa belajar siswa terlihat biasa biasa saja atau bahkan menurun. Hal itu tergambar di salah satu sekolah menengah pertama yaitu SMP N 4 Kota Jambi. Berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan salah seorang guru, mengatakan bahwasanya guru membutuhkan banyak pelatihan penggunaan aplikasi yang dapat dimanfaatkan dan dipergunakan guru di dalam pembelajaran agar siswa menjadi lebih termotivasi dalam belajar. Jika ditelaah dari sisi usia, rata rata usia guru (umur 25-44 tahun) pada sekolah tersebut adalah usia yang paling dekat dengan komposisi pengguna teknologi / internet terbesar. Sehingga dapat di interpretasikan bahwa hampir separuh dari total guru disekolah tersebut adalah pengguna internet aktif. Hal ini tentunya membuka peluang besar untuk memanfaatkan teknologi secara efektif dalam pembelajaran. Untuk itu Kegiatan PMM ini merupakan wadah yang sangat tepat untuk memberikan pelatihan dalam mengaktualisasikan kebutuhan guru dalam peningkatan kualitas pembelajaran melalui teknologi yang diintergrasikan dalam konten pembelajaran berbasis kearifan lokal. Pelatihan ini memberikan refererensi baru dalam dunia pendidikan, diharpkan selanjutnyan guru mampu beradaptasi serta mentransformasikan diri mereka baik dari sisi pengajaran ataupun penggunaan media pendukung pengajaran dari yang bersifat konvensionalisasi menuju digitalisasi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nyimas Triyana Safitri, Friscilla Wulan Tersta, Melati, Mayasari, Dedi Kurniawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).