Sosialisasi Pendidikan Anak Diera Digital Di Desa Hendea Kabupaten Buton Selatan

Authors

  • La Jeti Universitas Muhammadiyah Buton
  • Nika Cahyati STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Henny Henny Universitas Muhammadiyah Buton
  • Kadar Risman Universitas Muhammadiyah Buton
  • Marwah Marwah Universitas Muhammadiyah Buton
  • Erwinda Erwinda Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i1.561

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan baru bagi masyarakat Desa Hendea tentang pendidikan anak di Era digital. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Hendea Kabupaten Buton Selatan, Pengabdian ini menggunakan metode Comumunity based Research dengan pendekatan kualitatif. Adapun bentuk kegiatan pengabdian ini dilakukan Focus Group Discussion, Kajian Pustaka, dan sosialisasi dilaksanakan dengan melibatkan berbagai pihak antara lain yaitu Tim pengabdian , Keluarga, guru, kepala sekolah, masyarakat dan Pemerintah Desa. Kegiatan pengabdian ini terbagai 3  Tahapan Pertama adalah Tim Pengadian Masyarakat  memberikan materi tentang pendidikan anak di Era digital terkait tantangan dan solusinya dengan dengan peserta guru PAUD, Orang tua anak dan masyarakat. Tahapan kedua  melaksanakan FGD (Forum Group Dicussion) pada tahap ini terjadi diskusi antara pemateri dan peserta terkait dengan permasalahan yang sedang terjadi di lingkungan keluarga. Tahapan Ketiga Tim Pengabdian melakukan diskusi dan pengamatan kepada guru dan orang tua anak terkait dengan pendidikan anak di keluarga dan sekolah diera digital. Hasil pengabdian ini menunjukan adanya pengetahuan baru bagi orang tua anak didik tentang petingnya dan bahaya teknologi bagi anak sejak dini. Orang tua mulai memahami faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku anak dan strategi penangannya.

Downloads

Published

2024-01-16

How to Cite

Jeti, . L. ., Cahyati , N. ., Henny, H., Risman, K. ., Marwah, . M. ., & Erwinda, . E. (2024). Sosialisasi Pendidikan Anak Diera Digital Di Desa Hendea Kabupaten Buton Selatan . Journal Of Human And Education (JAHE), 4(1), 101–105. https://doi.org/10.31004/jh.v4i1.561