Pemanfaatan Media Podcast Spotify Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Siswa di SMK YAPIM Siak Hulu Riau

Authors

  • Muhammad Ilyas Universitas Islam Riau
  • Miranti Eka Putri Universitas Islam Riau
  • Zaka Hadikusuma Ramadan Universitas Islam Riau
  • Atika Dinda Mayasari Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i1.564

Abstract

Tujuan dari kegiatan PkM ini adalah untuk melaksanakan pelatihan dan pendampingan dalam memanfaatkan podcast spotify sebagai media pembelajaran bahasa Inggris mandiri bagi siswa SMK YAPIM Siak Hulu. Tim pengabdian melaksanakan kegiatan PkM dengan cara memberi pendampingan secara berkala yang dimulai dengan pemaparan bagaimana cara memanfaatkan podcast spotify, kemudian tim melakukan pendampingan ketika siswa menggunakan podcast spotify dalam pembelajaran. Podcast Spotify sangat menarik bagi siswa yang belajar bahasa Inggris karena podcast Spotify memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendapatkan sumber listening otentik tentang topik yang mereka inginkan. Pemanfaatan podcast Spotify dalam pembelajaran menjadi sarana alternatif bagi siswa SMK YAPIM Siak Hulu untuk belajar bahasa Inggris baik di kelas maupun mandiri. Setelah kegiatan PkM dilaksanakan, 92.5% siswa senang menggunakan podcast spotify dan 1,9% cukup senang menggunakan podcast spotify. Artinya, dengan memanfaatkan podcast spotify dapat menjadi media alternative untuk membantu siswa bagaimana cara berkomunikasi sehari-hari dengan baik dan benar dalam bahasa Inggris.

Downloads

Published

2024-01-18

How to Cite

Ilyas, M., Miranti Eka Putri, Ramadan, Z. H. ., & Mayasari, A. D. . (2024). Pemanfaatan Media Podcast Spotify Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Siswa di SMK YAPIM Siak Hulu Riau. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(1), 172–178. https://doi.org/10.31004/jh.v4i1.564