Pemanfaatan Media Podcast Spotify Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Siswa di SMK YAPIM Siak Hulu Riau
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i1.564Abstract
Tujuan dari kegiatan PkM ini adalah untuk melaksanakan pelatihan dan pendampingan dalam memanfaatkan podcast spotify sebagai media pembelajaran bahasa Inggris mandiri bagi siswa SMK YAPIM Siak Hulu. Tim pengabdian melaksanakan kegiatan PkM dengan cara memberi pendampingan secara berkala yang dimulai dengan pemaparan bagaimana cara memanfaatkan podcast spotify, kemudian tim melakukan pendampingan ketika siswa menggunakan podcast spotify dalam pembelajaran. Podcast Spotify sangat menarik bagi siswa yang belajar bahasa Inggris karena podcast Spotify memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendapatkan sumber listening otentik tentang topik yang mereka inginkan. Pemanfaatan podcast Spotify dalam pembelajaran menjadi sarana alternatif bagi siswa SMK YAPIM Siak Hulu untuk belajar bahasa Inggris baik di kelas maupun mandiri. Setelah kegiatan PkM dilaksanakan, 92.5% siswa senang menggunakan podcast spotify dan 1,9% cukup senang menggunakan podcast spotify. Artinya, dengan memanfaatkan podcast spotify dapat menjadi media alternative untuk membantu siswa bagaimana cara berkomunikasi sehari-hari dengan baik dan benar dalam bahasa Inggris.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Ilyas, Miranti Eka Putri, Zaka Hadikusuma Ramadan, Atika Dinda Mayasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).