Edukasi Pentingnya Sadari (Pemeriksaan Payudara Sendiri) Untuk Deteksi Dini Kanker Payudara

Authors

  • Wita Solama Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ‘Aisyiyah Palembang
  • Risa Devita Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ‘Aisyiyah Palembang
  • Sri Handayani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ‘Aisyiyah Palembang
  • Rhipiduri Rivanica Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ‘Aisyiyah Palembang
  • Neni Riyanti Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ‘Aisyiyah Palembang
  • Meita Hipson Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ‘Aisyiyah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i1.569

Abstract

Data WHO menyebutkan bahwa wanita yang didiagnosa menderita kanker payudara mengalami peningkatan selama 5 tahun terakhir. Diperkirakan bahwa lebih dari satu dari sepuluh wanita akan mengalami kejadian kanker payudara. Menurunkan tingkat kejadian dan kematian akibat kanker payudara dapat dicapai melalui penguatan sistem kesehatan dasar yaitu melalui Pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) hal ini merupakan langkah pencegahan yang dapat diambil untuk mengurangi risiko kanker payudara. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kesadaran wanita usia subur tentang kanker payudara dan meningkatkan kemampuan untuk deteksi kanker. Metode yang digunakan meliputi analisis situasi wilayah, solusi permasalahan dan metode penyuluhan yaitu diskusi, demonstrasi dan tanya jawab, seluruh peserta pengabdian dapat mempraktekan pemeriksaan payudara sendiri dengan benar. Pengabdian masyarakat dilakukan kepada pada kader Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah Kota Palembang di Sekolah Dasar Muhammadiyah 06 Palembang, peserta dalam pengabdian masyarakat berjumlah 25 orang. Pengabdian masyarakat ini penting dilakukan untuk mengurangi kejadian keparahan akibat kanker payudara dan diharapkan setelah kegiatan ini peserta tetap terus melakukan SADARI secara mandiri.

Downloads

Published

2024-01-18

How to Cite

Solama, W. ., Devita, . R. ., Handayani, S. ., Rivanica, R., Riyanti, N. ., & Hipson, M. . (2024). Edukasi Pentingnya Sadari (Pemeriksaan Payudara Sendiri) Untuk Deteksi Dini Kanker Payudara. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(1), 143–150. https://doi.org/10.31004/jh.v4i1.569