Peningkatan Kreativitas Guru Paud di Kota Tangerang dalam Membuat Media Pembelajaran Berbasis Canva
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i1.571Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Canva terhadap peningkatan kreativitas guru PAUD di Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari 30 guru PAUD di Tangerang yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberikan pelatihan penggunaan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran, sedangkan kelompok kontrol tidak diberikan pelatihan. Data dikumpulkan melalui tes kreativitas sebelum dan setelah pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan aplikasi Canva terhadap peningkatan kreativitas guru PAUD di Tangerang. Guru PAUD yang menggunakan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran memiliki kreativitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan guru PAUD yang tidak menggunakan aplikasi Canva. Oleh karena itu, penggunaan aplikasi Canva dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan kreativitas guru PAUD di Tangerang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Andi Harmoko Arifin, Widya Rizky Pratiwi, Andriyansah, Zulkifli Sultan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).