Program Kemitraan Dosen LPTK Dengan Sekolah (KDS): Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pelatihan Metode Fun Learning Berbantuan Media Audio Visual
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i1.572Abstract
Motivasi memiliki peran yang sangat signifikan dalam memengaruhi prestasi siswa, dan penerapan metode pembelajaran yang tepat oleh guru merupakan salah satu kunci keberhasilan siswa. Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penerapan metode fun learning yang didukung oleh media audio visual di sekolah dan LPTK. Kemitraan antara dosen dan guru SD 6 Baubau melibatkan empat guru kelas, Kepala Sekolah, satu dosen, serta mahasiswa. Kegiatan dilakukan dengan pola Lesson Study for Learning Community (LSLC) yang mencakup tahapan Plan, Do, See, dan Redesign. Dari serangkaian kegiatan ini, telah dihasilkan media pembelajaran berbasis ICT, RPP Redesain, dan modul ajar. Rancangan ini diimplementasikan dalam Open Class bersama guru model, diamati oleh 10 pengamat (DO), dan direfleksikan dalam diskusi yang melibatkan guru model, dosen, serta mahasiswa. Hasil refleksi dari guru dan dosen menyimpulkan bahwa (1) terjadi peningkatan partisipasi siswa melalui penerapan metode fun learning berbantuan media audio visual; (2) terjadi peningkatan hasil belajar siswa; dan (3) siswa lebih aktif berkomunikasi melalui variasi kegiatan individu, berpasangan, dan kelompok yang lebih besar, serta penugasan produksi di luar kelas. Melalui pendekatan perancangan kolaboratif-partisipatif, kegiatan pembelajaran menjadi lebih dinamis, berorientasi pada siswa, membangun kolaborasi, dan menumbuhkan komunikasi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Irsan , Andi Lely nurmaya G , Hasma Naasa , Cici Arfin , Arman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).