Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Orang Asli Papua di Provinsi Papua Barat Daya

Authors

  • Andrei Maryen Universitas Kristen Papua
  • Edward Clan Universitas Kristen Papua
  • Rendi Patiasina Universitas Kristen Papua

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i1.581

Abstract

Keunggulan dari pemanfaatan teknologi bagi UMKM yaitu mampu menjangkau konsumen potensial di seluruh daerah tanpa adanya batasan geografis yang mengikat. Selain itu, penggunaan teknologi juga memungkinkan UMKM untuk meningkatkan efisiensi operasional, mulai dari pengelolaan inventaris hingga pelacakan data penjualan, yang berkontribusi pada pengambilan keputusan yang terinformasi untuk meningkatkan performa bisnis. Perkembangan teknologi saat ini juga ikut dirasakan oleh UMKM Orang Asli Papua yang berada di Provinsi Papua Barat Daya dalam menjalankan usahanya. UMKM Orang Asli Papua hingga saat ini belum mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam proses pengembangan usaha. Terdapat gap antara perkembangan teknologi dan kompetensi digital di antara UMKM Orang Asli Papua di Provinsi Papua Barat Daya yang mencerminkan ketidaksesuaian antara perkembangan teknologi digital dan tingkat keterampilan digital yang dimiliki oleh pelaku usaha Orang Asli Papua. Terdapat kesenjangan dalam pemahaman dan penerapan teknologi digital untuk pemasaran. Kegiatan pelatihan dan pendampingan ini bertujuan untuk memberikan mindset berwirausaha dan juga meningkatkan kompetensi pelaku UMKM Orang Asli Papua dalam memanfaatkan platform digital. Hasil yang di peroleh dari kegiatan ini diharapkan mampu menyadarkan para pelaku UMKM Orang Asli Papua akan pentingnya pemanfaatan digital marketing dalam menjalankan usahanya. Para peserta sangat antusias mengikuti pelatihan dan pendampingan ini untuk meningkatkan kompetensi mereka dalam pemasaran secara digital

Downloads

Published

2024-01-25

How to Cite

Maryen, A., Clan, E., & Patiasina, R. (2024). Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Orang Asli Papua di Provinsi Papua Barat Daya. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(1), 257–263. https://doi.org/10.31004/jh.v4i1.581