Rumah Belajar: Sebagai Media Pembelajaran Daring Berbasis Android Bagi Siswa di Lombok Barat

Authors

  • Vera Mandailina Universitas Muhamadiyah Mataram
  • Dewi Pramita Universitas Muhamadiyah Mataram
  • Syaharuddin Syaharuddin Universitas Muhamadiyah Mataram
  • Saddam Saddam Universitas Muhamadiyah Mataram
  • Mahsup Mahsup Universitas Muhamadiyah Mataram
  • Abdillah Abdillah Universitas Muhamadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v1i1.6

Keywords:

rumah belajar, pembelajaran daring, android.

Abstract

Pembelajaran daring merupakan kebijakan pemerintah yang harus dilaksanakan di setiap jenjang lembaga pendidikan. Namun fakta di lapangan banyak ditemukan kendala yang dihadapi oleh guru dan siswa. Oleh sebab itu, pemerintah bekerjasama dengan penyedia platform pembelajaran daring termasuk “rumah belajarâ€. Jadi, tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan siswa dalam menguasai sumber belajar “rumah belajar†yang telah dikembangkan oleh Kemendikbud. Kegiatan ini diikuti oleh 16 siswa SMA. Kegiatan dilakukan secara praktik langsung di computer yang tersedia di lokasi mitra. Hasil evaluasi menggunakan teknik observasi diperoleh informasi bahwa rata-rata 87,5% siswa memahami cara mengaplikasikan “rumah belajarâ€. Harapan di masa mendatang, tim guru dan siswa secara kontinyu menerapkan “rumah belajar†sebagai sumber belajar secara daring sehingga para siswa mendapatkan rujukan yang sesuai kurikulum untuk dipelajari.

Author Biographies

Vera Mandailina, Universitas Muhamadiyah Mataram

Dewi Pramita, Universitas Muhamadiyah Mataram

Syaharuddin Syaharuddin, Universitas Muhamadiyah Mataram

Saddam Saddam, Universitas Muhamadiyah Mataram

References

Daheri, M., Juliana, Deriwanto, & Amda, A. D. (2020). Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–

Dwiranata, D., Pramita, D., & Syaharuddin, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA. Jurnal Varian, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.30812/varian.v3i1.487

Fadhilah, G. A. (2020). Peran Lingkungan Belajar dalam Menyikapi Pembelajaran Daring di Era Covid-19. Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 106–116.

Habib Ratu Putra Negara, Syaharuddin Syaharuddin, Kiki Riska Ayu Kurniawati, A. A. (2019). Peningkatan Kompetensi Profesionalisme Guru Melalui Penerapan Edugame dan Eledu Berbasis Android. Proceeding National Conference: Education, Social Science, and Humaniora, 1(1), 85–87.

Syaifullah, S. (2017). Pendampingan Pembuatan Students’ Blog Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 54–60. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v1i1.414

Kemendikbud. (2020). Mendikbud Terbitkan SE tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Covid-19. Kemdikbud.

Mandalina, V., Syaharuddin, Firdaus, M., Abdillah, Pramita, D., & Negara, H. R. P. (2019). Math mobile learning app as an interactive multimedia learning mathematics. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(10), 2548–2550.

Mastura, & Santaria, R. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa Pendahuluan. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 289–295.

Moorhouse, B. L. (2020). Adaptations to a face-to- face initial teacher education course “forced†online due to the COVID-19 pandemic. Journal of Education for Teaching, 1–3.

https://doi.org/10.1080/02607476.2020.1755205

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.

Qori, I. (2020). Analisis Dampak Pembelajaran Online Terhadap Guru dan Peserta Didik Perspektif Teori Etika. Journal Al-Ibrah, 5, 109– 119.

Riadil, I. G., Nuraeni, M., Prakoso, Y. M., & Yosintha, R. (2020). Persepsi Guru Paud Terhadap Sistem Pembelajaran Daring Melalui Whatsapp Di Masa Pandemi Covid-19. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 89–110. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6574

Sudatha, I. G. W., Parmiti, D. P., & ... (2020). Pengelolaan Sumber Belajar Digital Untuk Meningkatkan Pembelajaran Daring. Proceeding Senadimas …, 1585–1589.

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Wijaya, R., Lukman, M., & Yadewani, D. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pemanfaatan E-Learning. Dimensi, 9(2), 307–

Downloads

Published

2021-03-18

How to Cite

Mandailina, V., Pramita, D., Syaharuddin, S., Saddam, S., Mahsup, M., & Abdillah, A. (2021). Rumah Belajar: Sebagai Media Pembelajaran Daring Berbasis Android Bagi Siswa di Lombok Barat. Journal Of Human And Education (JAHE), 1(1), 9–12. https://doi.org/10.31004/jh.v1i1.6