Rumah Belajar: Sebagai Media Pembelajaran Daring Berbasis Android Bagi Siswa di Lombok Barat
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v1i1.6Keywords:
rumah belajar, pembelajaran daring, android.Abstract
Pembelajaran daring merupakan kebijakan pemerintah yang harus dilaksanakan di setiap jenjang lembaga pendidikan. Namun fakta di lapangan banyak ditemukan kendala yang dihadapi oleh guru dan siswa. Oleh sebab itu, pemerintah bekerjasama dengan penyedia platform pembelajaran daring termasuk “rumah belajarâ€. Jadi, tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan siswa dalam menguasai sumber belajar “rumah belajar†yang telah dikembangkan oleh Kemendikbud. Kegiatan ini diikuti oleh 16 siswa SMA. Kegiatan dilakukan secara praktik langsung di computer yang tersedia di lokasi mitra. Hasil evaluasi menggunakan teknik observasi diperoleh informasi bahwa rata-rata 87,5% siswa memahami cara mengaplikasikan “rumah belajarâ€. Harapan di masa mendatang, tim guru dan siswa secara kontinyu menerapkan “rumah belajar†sebagai sumber belajar secara daring sehingga para siswa mendapatkan rujukan yang sesuai kurikulum untuk dipelajari.
References
Daheri, M., Juliana, Deriwanto, & Amda, A. D. (2020). Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–
Dwiranata, D., Pramita, D., & Syaharuddin, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA. Jurnal Varian, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.30812/varian.v3i1.487
Fadhilah, G. A. (2020). Peran Lingkungan Belajar dalam Menyikapi Pembelajaran Daring di Era Covid-19. Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 106–116.
Habib Ratu Putra Negara, Syaharuddin Syaharuddin, Kiki Riska Ayu Kurniawati, A. A. (2019). Peningkatan Kompetensi Profesionalisme Guru Melalui Penerapan Edugame dan Eledu Berbasis Android. Proceeding National Conference: Education, Social Science, and Humaniora, 1(1), 85–87.
Syaifullah, S. (2017). Pendampingan Pembuatan Students’ Blog Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 54–60. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v1i1.414
Kemendikbud. (2020). Mendikbud Terbitkan SE tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Covid-19. Kemdikbud.
Mandalina, V., Syaharuddin, Firdaus, M., Abdillah, Pramita, D., & Negara, H. R. P. (2019). Math mobile learning app as an interactive multimedia learning mathematics. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(10), 2548–2550.
Mastura, & Santaria, R. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa Pendahuluan. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 289–295.
Moorhouse, B. L. (2020). Adaptations to a face-to- face initial teacher education course “forced†online due to the COVID-19 pandemic. Journal of Education for Teaching, 1–3.
https://doi.org/10.1080/02607476.2020.1755205
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.
Qori, I. (2020). Analisis Dampak Pembelajaran Online Terhadap Guru dan Peserta Didik Perspektif Teori Etika. Journal Al-Ibrah, 5, 109– 119.
Riadil, I. G., Nuraeni, M., Prakoso, Y. M., & Yosintha, R. (2020). Persepsi Guru Paud Terhadap Sistem Pembelajaran Daring Melalui Whatsapp Di Masa Pandemi Covid-19. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 89–110. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6574
Sudatha, I. G. W., Parmiti, D. P., & ... (2020). Pengelolaan Sumber Belajar Digital Untuk Meningkatkan Pembelajaran Daring. Proceeding Senadimas …, 1585–1589.
Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Wijaya, R., Lukman, M., & Yadewani, D. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pemanfaatan E-Learning. Dimensi, 9(2), 307–
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Vera Mandailina, Dewi Pramita, Syaharuddin Syaharuddin, Saddam Saddam, Mahsup Mahsup, Abdillah Abdillah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).