Edukasi Bahasa Inggris Sebagai Penunjang Personal Branding Di Era Society 5.0 Bagi Masyarakat Desa Wisata Bukit Batu Kabupaten Bengkalis

Authors

  • Aulia Agustiani Sekolah Tinggi Pariwisata Riau
  • Sefrona Syaiful Sekolah Tinggi Pariwisata Riau
  • Maryantina Maryantina Sekolah Tinggi Pariwisata Riau
  • Elwira Handayani Sekolah Tinggi Pariwisata Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i1.618

Abstract

Salah satu faktor penunjang penguasaan teknologi adalah dengan memiliki penguasaan Bahasa Inggris yang baik. Hal ini menjadi dasar penguasaan teknologi dimana sebagaian besar teknologi menggunakan istilah-istilah Bahasa Inggris dalam pengaplikasinnya. Permasalahan yang muncul adalah terbatasnya kemampuan berbahasa Inggris yang dimiliki masyarakat desa wisata Bukit Batu yang telah menjadi desa wisata dan dikunjungi banyak turis. Keterbatasan kemampuan dalam hal penguasaan Bahasa Inggris tersebut tentu menjadi penghalang berkembangnya pengalaman dan nilai jual seseorang / instansi. Maka dari itu, diadakanlah pelatihan Bahasa Inggris dalam rangka memenuhi kebutuhan para pelaku wisata untuk menunjang personal branding mereka dalam melaksanakan usaha mereka di bidang masing-masing. Sasaran dari kegiatan ini adalah masyarakat pelaku usaha pariwisata (pelaku homestay, pemandu wisata dan pelaku UMKM) Desa Bukit Batu Kabupaten Bengkalis. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah dengan memberikan pelatihan bahasa Inggris bertahap kepada masyarakat. Materi yang diangkat untuk pelatihan ini adalah tentang personal branding dan pentingnya penguasaan Bahasa Inggris di era society 5.0 ini. Dampak dari kegiatan penyuluhan ini adalah masyarakat pelaku usaha pariwisata dapat memiliki bekal pengetahuan Bahasa Inggris yang akan menunjang personal branding mereka sebagai pelaku usaha pariwisata dan sekaligus dapat beradaptasi dengan kebutuhan zaman di era society 5.0.

Downloads

Published

2024-02-02

How to Cite

Agustiani, A. ., Syaiful, . S. ., Maryantina, M., & Handayani, E. . (2024). Edukasi Bahasa Inggris Sebagai Penunjang Personal Branding Di Era Society 5.0 Bagi Masyarakat Desa Wisata Bukit Batu Kabupaten Bengkalis. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(1), 341–344. https://doi.org/10.31004/jh.v4i1.618