Penyuluhan Peningkatan Literasi Keuangan di Kalangan Siswa dan Warga Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i1.653Abstract
Penyuluhan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang literasi keuangan di kalangan siswa dan warga sekolah di SD Negeri 1 Cicurug, Sukabumi. Literasi dalam mengelola keuangan merupakan keterampilan penting yang perlu dipelajarai sejak usia dini guna memahami konsep keuangan dan pengelolaan uang yang bijaksana. Untuk mencapai tujuan ini, pendekatan yang digunakan dalam penyuluhan ini meliputi, pengembangan materi pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik siswa dan kebutuhan warga sekolah, diantaranya materi tentang pengelolaan uang, pengenalan tabungan, serta pentingnya merencanakan keuangan dengan baik sejak usia dini. Kegiatan dilaksanakan melalui sesi interaktif, permainan edukatif, dan diskusi kelompok guna meningkatkan pemahaman serta praktik pengelolaan keuangan yang sehat. Kegiatan penyuluhan ini dilaksanakan dengan melibatkan siswa-siswi kelas 6B, yang mencapai 30 puluh orang siswa. Evaluasi dilakukan dengan analisis deskriptif menggunakan kuesioner sebelum dan setelah intervensi untuk mengukur peningkatan pemahaman dan keterampilan keuangan peserta. Hasil penyuluhan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan kesadaran akan literasi keuangan di kalangan siswa dan warga sekolah. Penyuluhan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam membekali siswa dan warga sekolah dengan pengetahuan keuangan yang lebih baik serta membantu mereka secara lebih cerdas di masa depan dalam mengelola keuangan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Zulkarnain Zulkarnain, Bambang Somantri Wijaya, Umban Adi Jaya, M Afrizal Maulana, Farhan Hamdalah, Ce Gunawan, Bj Zaenal Abidin, Rizki Chrisulianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).