Penggunaan Media Sosial dalam Meningkatkan Pemasaran UMKM Pariwisata PAM Rayon 3 Pulau Doom, Kota Sorong

Authors

  • Andrei Sakharov Maryen Universitas Kristen Papua
  • Edward Clan Universitas Kristen Papua
  • Rendi Yudhistira Pattiasina Universitas Kristen Papua
  • Ade Andriani Renouw Universitas Kristen Papua
  • Yanti Timisela Universitas Kristen Papua
  • Meyta Longkutoy Universitas Kristen Papua
  • Lili Sarce Joi Sapari Universitas Kristen Papua

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i1.662

Abstract

Penggunaan TI dapat meningkatkan transformasi bisnis melalui kecepatan, ketepatan dan efisiensi pertukaran informasi dalam jumlah yang besar. Oleh karena itu, peran teknologi diperlukan dalam mendorong keberhasilan perusahaan untuk memperluas akses pasar melalui pemanfaatan teknologi informasi berbasis web yang dapat digunakan sebagai media komunikasi pemasaran modern. Permasalahan ini yang dihadapi oleh UMKM di Kepualauan Doom, berdasarkan latar belakang tersebut maka dilakukan pelatihan penggunaan media social pada UMKM. Pelatihan ini dilakukan dengan menggunakan metode ceramah dengan melihat langsung tempat wisata. Hasil yang diperoleh adalah UMKM dari sektor pariwisata merupakan sektor pemasukan yang cukup besar untuk daerah jika dikelola dengan baik akan berdampak pada Masyarakat. Perkembangan  teknologi informasi, banyak hal dan proses dalam dunia usaha yang bisa didukung. Kemajuan ini membuat berbagai proses yang awalnya manual, kini bisa terotomatisasi sehingga prosesnya menjadi lebih efektif dan efisien.

Downloads

Published

2024-02-18

How to Cite

Maryen, . . A. S. ., Clan, E. ., Pattiasina, R. Y. ., Renouw, . A. A. ., Timisela, Y. ., Longkutoy, . M. ., & Sapari, . L. S. J. . (2024). Penggunaan Media Sosial dalam Meningkatkan Pemasaran UMKM Pariwisata PAM Rayon 3 Pulau Doom, Kota Sorong. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(1), 487–491. https://doi.org/10.31004/jh.v4i1.662