Pendidikan Bela Negara Melalui Internalisasi Nilai-Nilai Kejuangan’45 Guna Membentuk Karakter Pemuda Yang Tangguh Dalam Menghadapi Era Globalisasi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i2.665Abstract
Perkembangan teknologi informasi di era gloabalisasi saat ini tidak hanya membawa dampak positif namun juga dampak negatif bagi masyarakat khususnya dikalangan generasi muda. Beberapa dampak negatif tersebut diantaranya: masalah demoralisasi sikap-prilaku yang berujung pada rendahnya semangat kejuangan, rasa cinta tanah air di kalangan pemuda. Kondisi ini tentu bisa menjadi penghalang ketika bangsa ini ingin menjadi salah satu bangsa yang kuat dan maju. Berdasarkan fenomena ini, maka upaya internalisasi nilai-nilai jiwa dan semangat ’45 (jsn’45) di kalangan pemuda menjadi penting dan harus tetap terus dilakukan di dalam kerangka Bela Negara guna membentuk mental dan karakter pemuda yang tangguh dalam menghadapi tantangan globalisasi. Untuk mencapai tujuan tersebut maka Fakultas Hukum UPNVJ wajib berperan serta dalam melakukan desiminasi Bela Negara melalui internalisasi nilia-nilai JSN/45 di kalangan pemuda khususnya Pelajar Di SMU No. 07, Tambun Selatan, Jawa Barat. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah sosialisasi, diskusi serta survey kepada para siswa (audience). Melalui kegiatan ini, para siswa diharapkan bisa memperoleh pengetahuan yang lebih mendalam mengenai konsep-konsep tentang nilai-nilia JSN’45 sebagai perwujudan bela negara, yang mana nilai-nilai ini harus terus diinternalisasi di dalam jiwa dan fikiran para pemuda kemudian diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari, khususnya pengamalan niai-nilai kejuangan, patrotisme, kesetiakawanan dan cinta tanah air di dalam mengisi dan mempertahankan kemerdekaan yang pada akhirnya mampu membentuk karakter pemuda yang tangguh dalam menghadapi tantantangan globalisasi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ridha Wahyuni, Dwi Desi Yayi Tarina, Anni Alvionita Simanjuntak, Hilda Novyana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).