Pelatihan Pemasaran Berbasis Digital Bagi Ibu-Ibu PKK Dusun I Desa Penfui Timur

Authors

  • Agnes Susanti Indrawati Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Faustina Mimung Universitas Katolik Widya Mandira
  • Yul Fransiska Pulo Universitas Katolik Widya Mandira
  • Johan Sarlito Thei Universitas Katolik Widya Mandira
  • Maria Droste Tae Asa Teti Universitas Katolik Widya Mandira
  • Angela Ismaniar Helmin Betan Universitas Katolik Widya Mandira
  • Maria Fransiska Collyn Universitas Katolik Widya Mandira
  • Monika Anggela Kehi Universitas Katolik Widya Mandira
  • Emiliana Martuti Lawalu Universitas Katolik Widya Mandira
  • Agnes Susanti Indrawati Universitas Katolik Widya Mandira

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i1.667

Abstract

Desa Penfui Timur, terutama Dusun 1, dikenal sebagai produsen kain tenun ikat. Meskipun begitu, masyarakat di Desa Penfui Timur belum sepenuhnya dapat mengoptimalkan atau menghasilkan produk inovatif yang berbahan dasar kain tenun ikat. Oleh karena itu, melalui kegiatan sosialisasi ini, diharapkan masyarakat Desa Penfui Timur dapat memanfaatkan potensi yang dimiliki, menjaga keberlanjutan hidup mereka. Pengabdian masyarakat ini memiliki tujuan untuk menyampaikan informasi kepada perempuan, terutama ibu-ibu PKK, tentang kewirausahaan serta peluang bisnis di era digital dan masa depan, khususnya melalui kegiatan ekonomi kreatif. Dengan demikian, diharapkan para perempuan dapat mencapai kemandirian ekonomi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini juga bertujuan untuk memberdayakan masyarakat, terutama anggota PKK RT 003, guna meningkatkan penghasilan keluarga melalui pengelolaan kreatif sisa kain tenun. Metode yang diterapkan dalam pelaksanaan pengabdian ini adalah metode kualitatif yang melibatkan kegiatan observasi dan wawancara dengan warga Desa Penfui Timur. Dampak dari pelaksanaan pengabdian ini mencakup peningkatan pengetahuan ibu-ibu PKK terkait konsep ekonomi kreatif, yakni dengan mengubah barang yang sudah tidak terpakai seperti sisa kain tenun menjadi produk bernilai jual. Selain itu, ibu-ibu PKK juga memperoleh pengetahuan tambahan dalam menciptakan produk inovatif dari sisa kain tenun dan memahami strategi pemasaran online. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat, menciptakan peluang pekerjaan baru, meningkatkan daya saing produk kerajinan lokal, serta melestarikan budaya dan tradisi setempat. Sehingga, diharapkan masyarakat di Desa Penfui Timur dapat optimal dalam memanfaatkan potensi yang ada untuk menjaga kelangsungan hidup mereka.

Kata Kunci: Ekonomi Rumah Tangga, Kerajinan Tangan Bahan Lokal, Pemasaran Online

Downloads

Published

2024-02-22

How to Cite

Indrawati, A. S., Mimung, . F. ., Pulo, . Y. F., Thei, J. S. ., Teti, M. D. T. A. ., Betan, A. I. H. ., Collyn, M. F. ., Kehi, M. A., Lawalu, E. M. ., & Indrawati, A. S. (2024). Pelatihan Pemasaran Berbasis Digital Bagi Ibu-Ibu PKK Dusun I Desa Penfui Timur. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(1), 515–520. https://doi.org/10.31004/jh.v4i1.667