Upaya Peningkatan Penjualan dan Laba Melalui Digital Marketing Pada UMKM Toko Asih Hijab Cantik (AHC)

Authors

  • Erliana Erliana Program Studi Akuntansi Perpajakan, Universitas Pamulang
  • Darul Fahmi Program Studi Akuntansi Perpajakan, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i1.674

Abstract

Pengabdian pada masyarakat sebagai salah satu darma perguruan tinggi menepati posisi yang strategis dalam menimba dan mendidik masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Kegiatan pemasaran yang memanfaatkan kecanggihan teknologi digital sering kali disebut dengan digital marketing. Pada era globalisasi saat ini, UMKM merupakan salah satu usaha yang digemari masyarakat karena UMKM adalah sebuah usaha yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro. Adapun mitra dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat ini yaitu pada toko Asih Hijab Cantik (AHC), Toko Asih Hijab Cantik merupakan sebuah UMKM yang bergerak di bidang busana muslim , toko muslim  ini termasuk salah satu toko muslim yang sudah memiliki konsumen tetap. Akan tetapi dalam kegiatan pemasarannya masih sangat minim dan cenderung masih tradisional. Berdasarkan analisis situasi tersebut baik dari hasil observasi maupun wawancara, maka didapatkan  permasalahan sebagai berikut: 1) Kurangnya pemanfaatan media sosial, sehingga belum  banyak orang yang mengetahui toko Asih Hijab Cantik tersebut; 2) Toko Asih Hijab Cantik  belum terdaftar pada Google Maps sehingga banyak orang yang masih kebingungan dalam mencari lokasi mitra. Untuk Mengatasi Permasalahan di atas, maka penulis melakukan pengabdian masyarakat dalam upaya meningkatkan penjualan melalui strategi pemasaran digital marketing pada UMKM dengan program kerja upaya meningkatkan penjualan dan laba melalui digital marketing pada UMKM Asih Hijab Cantik berupa penjelasan tentang pentingnya peranan digital marketing bagi perkembangan bisnis UMKM, terutama dalam hal meningkatkan kegiatan promosi sehingga mendapatkan laba sesuai target serta praktek langsung disertai cara pembuatan akun di media digital. Dengan hasil karyawan sudah mampu melakukan promosi di media sosial dengan memanfaatkan digital marketing yaitu instagram.

Downloads

Published

2024-02-22

How to Cite

Erliana, E., & Fahmi, D. (2024). Upaya Peningkatan Penjualan dan Laba Melalui Digital Marketing Pada UMKM Toko Asih Hijab Cantik (AHC). Journal Of Human And Education (JAHE), 4(1), 526–532. https://doi.org/10.31004/jh.v4i1.674