Upaya Peningkatan Penjualan dan Laba Melalui Digital Marketing Pada UMKM Toko Asih Hijab Cantik (AHC)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i1.674Abstract
Pengabdian pada masyarakat sebagai salah satu darma perguruan tinggi menepati posisi yang strategis dalam menimba dan mendidik masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Kegiatan pemasaran yang memanfaatkan kecanggihan teknologi digital sering kali disebut dengan digital marketing. Pada era globalisasi saat ini, UMKM merupakan salah satu usaha yang digemari masyarakat karena UMKM adalah sebuah usaha yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro. Adapun mitra dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat ini yaitu pada toko Asih Hijab Cantik (AHC), Toko Asih Hijab Cantik merupakan sebuah UMKM yang bergerak di bidang busana muslim , toko muslim ini termasuk salah satu toko muslim yang sudah memiliki konsumen tetap. Akan tetapi dalam kegiatan pemasarannya masih sangat minim dan cenderung masih tradisional. Berdasarkan analisis situasi tersebut baik dari hasil observasi maupun wawancara, maka didapatkan permasalahan sebagai berikut: 1) Kurangnya pemanfaatan media sosial, sehingga belum banyak orang yang mengetahui toko Asih Hijab Cantik tersebut; 2) Toko Asih Hijab Cantik belum terdaftar pada Google Maps sehingga banyak orang yang masih kebingungan dalam mencari lokasi mitra. Untuk Mengatasi Permasalahan di atas, maka penulis melakukan pengabdian masyarakat dalam upaya meningkatkan penjualan melalui strategi pemasaran digital marketing pada UMKM dengan program kerja upaya meningkatkan penjualan dan laba melalui digital marketing pada UMKM Asih Hijab Cantik berupa penjelasan tentang pentingnya peranan digital marketing bagi perkembangan bisnis UMKM, terutama dalam hal meningkatkan kegiatan promosi sehingga mendapatkan laba sesuai target serta praktek langsung disertai cara pembuatan akun di media digital. Dengan hasil karyawan sudah mampu melakukan promosi di media sosial dengan memanfaatkan digital marketing yaitu instagram.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Erliana Erliana, Darul Fahmi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).