Meningkatkan Peran Ibu Melalui Konseling Kelompok Untuk Memotivasi Anak Dalam Belajar Di Desa Boneatiro Barat
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i1.688Abstract
Desa Boneatiro barat merupakan salah satu desa yang berada di kabupaten Buton Sulawesi Tenggara dengan mata pencaharian nelayan. Para orangtua (ayah dan ibu) di desa tersebut sama-sama bekerja atau saling melengkapi dan bekerja sama dalam memenuhi kebutuhan keluarga. Ketika ayah membawa hasil nelayan, ibu lah yang menjual hasil nelayan tersebut. Hal ini membuat seorang ibu harus dapat berbagi waktu dengan keluarga terkhusus untuk anak-anaknya berusia 1-12 tahun yang masih butuh perhatian dan pendampingan khusus. Obyek dalam kajian pengabdian ini adalah beberapa ibu-ibu di desa Boneatiro Barat. Kesibukan para ibu tersebut berdampak pada rendahnya motivasi anak dalam belajar. Melalui kegiatan penyuluhan, pemberian layanan informasi dan konseling kelompok, membantu para ibu memahami dan menyadari peran ibu dalam meningkatkan motivasi belajar anak. Ibu merupakan salah satu faktor yang mendukung dalam motivasi belajar anak. Meskipun ada berbagai hambatan yang dapat terjadi salah satunya kesibukan orangtua, akan tetapi orangtua pun harus sadar akan kebutuhan anak saat berada di rumah, sesibuk apapun orangtua harus memberikan waktu dan ruang untuk mendampingi anak dalam belajar, bermain, bahkan bercerita.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Maria Ulfa, Unhaluddin T. Kurniawan, Yunita Revanda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).