Fasilitasi PTK PAUD: Pendampingan Pembelajaran Pendidikan di Abad 21

Authors

  • Moh Fikri Tanzil Mutaqin UNIVERSITAS BINA BANGSA
  • Anisa Solihat PG PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bina Bangsa
  • Eviatun Nuraini PG PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bina Bangsa
  • Rohyati Rohyati PG PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bina Bangsa
  • Ida Madaniah AS PG PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bina Bangsa
  • Nini Sumarni PG PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bina Bangsa
  • Liawati Liawati PG PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bina Bangsa
  • Sulehah Sulehah PG PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bina Bangsa
  • Julaehah Julaehah PG PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bina Bangsa
  • Rodiatul Jannah PG PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bina Bangsa
  • Husnul Khotimah PG PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bina Bangsa
  • Alfiah Alfiah PG PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bina Bangsa
  • Yeni Mulyani PG PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i3.697

Abstract

Pendidikan anak usia dini (PAUD) di abad ke-21 memerlukan pendekatan yang relevan dengan tuntutan zaman. Dalam konteks globalisasi dan perkembangan teknologi, pendidik PAUD harus mampu mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran, memahami keberagaman budaya dan sosial anak, serta memperhatikan perkembangan psikologis anak yang semakin kompleks. Pendampingan pembelajaran menjadi salah satu pendekatan yang relevan dalam mengatasi tantangan tersebut. Melalui pendampingan pembelajaran, pendidik PAUD dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan individual anak, meningkatkan kualitas interaksi dengan anak-anak, serta memperluas repertoar strategi pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan anak di abad ke-21. Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan PAUD di abad ke-21. Program ini bertujuan untuk memberikan pendidikan dan pelatihan kepada pendidik PAUD tentang pendampingan pembelajaran yang relevan dengan tuntutan zaman. Bahwa melalui program ini, pendidik PAUD mampu memberikan pendidikan yang lebih relevan dan berkualitas kepada anak-anak, sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan baik di abad ke-21. Dengan demikian, kami berharap dapat memberikan kontribusi yang positif bagi pendidikan anak usia dini di Indonesia

Downloads

Published

2024-05-08

How to Cite

Mutaqin, M. F. T., Solihat, A., Nuraini, E., Rohyati, R., Madaniah AS, I. ., Sumarni, N., Liawati, L., Sulehah, S., Julaehah, J., Jannah, R., Khotimah, H., Alfiah, A., & Mulyani, Y. (2024). Fasilitasi PTK PAUD: Pendampingan Pembelajaran Pendidikan di Abad 21. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(3), 7–12. https://doi.org/10.31004/jh.v4i3.697