Pelatihan Strategi Pemasaran Produk komoditas Unggulan bagi Masyarakat Desa Ngunggahan Wonogiri melalui Unggahan Media Sosial
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v1i1.7Keywords:
Pelatihan, strategi pemasaran, teknologi informasi, dan produk komoditasAbstract
Desa Ngunggahan, Wonogiri memiliki banyak pelaku usaha mikro yang beperan dalam kemajuan perekonomian desa. Namun, masyarakat belum memanfaatkan potensi tersebut sebagai alternative peningkatan Nilai ekonomi daerah. Pelatihan strategi pemasaran produk ini diberikan kepadawarga dalam upaya membantu memasarkan produk dengan memanfaatkan teknologi informasi media sosial. Tujuan kegiatan ini ialah agar pelaku usaha dapat memahami cara untuk mengembangkan produknya dan dapat memperoleh pasar yang lebih luas. Pelatihan ini diharapkan dapat membangkitkan minat pelaku usaha untuk meningkatkan inovasi produk dan mengimplementasikan pemasaran berdasarkan strategi cepat dan tepat sasaran. Strategi pemasaran yang tepat akan berdampak pada peningkatan daya jangkau pemasaran yang diharapkan dapat kreativitas pelaku usaha sekaligus meningkatkan perekonomian Desa Ngunggahan. Pelatihan pemasaran sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat ini diikuti oleh perwakilan dari 30 pelaku usaha diharapkan menjadi kunci keberhasilan produk untuk lebih dikenal oleh konsumen dan meningkatkan potensi penjualan produk unggulan.
References
Cannon, Joseph P., Perreault, Jr. William D., dan Mc Carthy, E. Jerome. (2008). Pemasaran Dasar: Pendekatan Manajerial Global. Jakarta: Salemba Empat.
Desa Ngunggahan. (2018). ProfilDesa: Data Potensi dan Tingkat Perkembangan Desa Swakarya Mula Desa Ngunggahan Kecamatan Eromoko Kabupaten Wonogiri.
Suryantoro, Darwis. (2009). “e-Marketing: definisi dan strategyâ€. http://suryantara.wordpress.com/2009/08/05/emarketing-definisi-danstrategi/. Akses 2 Mei 2020
Swastha, Basu dan Sukotjo, Ibnu. (2007). Pengantar Bisnis Modern. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.
Yulianto, Bayu dan Khuzaini. (2013). PengaruhProduk, Harga, Promosi, Layanan Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Sepeda Motor Kawasaki. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol. 1 (1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).