Pelatihan Strategi Pemasaran Produk komoditas Unggulan bagi Masyarakat Desa Ngunggahan Wonogiri melalui Unggahan Media Sosial

Authors

  • Ani Rakhmawati Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v1i1.7

Keywords:

Pelatihan, strategi pemasaran, teknologi informasi, dan produk komoditas

Abstract

Desa Ngunggahan, Wonogiri memiliki banyak pelaku usaha mikro yang beperan dalam kemajuan perekonomian desa. Namun, masyarakat belum memanfaatkan potensi tersebut sebagai alternative peningkatan Nilai ekonomi daerah. Pelatihan strategi pemasaran produk ini diberikan kepadawarga dalam upaya membantu memasarkan produk dengan memanfaatkan teknologi informasi media sosial. Tujuan kegiatan ini ialah agar pelaku usaha dapat memahami cara untuk mengembangkan produknya dan dapat memperoleh pasar yang lebih luas. Pelatihan ini diharapkan dapat membangkitkan minat pelaku usaha untuk meningkatkan inovasi produk dan mengimplementasikan pemasaran berdasarkan strategi cepat dan tepat sasaran. Strategi pemasaran yang tepat akan berdampak pada peningkatan daya jangkau pemasaran yang diharapkan dapat kreativitas pelaku usaha sekaligus meningkatkan perekonomian Desa Ngunggahan. Pelatihan pemasaran sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat ini diikuti oleh perwakilan dari 30 pelaku usaha diharapkan menjadi kunci keberhasilan produk untuk lebih dikenal oleh konsumen dan meningkatkan potensi penjualan produk unggulan.

References

Cannon, Joseph P., Perreault, Jr. William D., dan Mc Carthy, E. Jerome. (2008). Pemasaran Dasar: Pendekatan Manajerial Global. Jakarta: Salemba Empat.

Desa Ngunggahan. (2018). ProfilDesa: Data Potensi dan Tingkat Perkembangan Desa Swakarya Mula Desa Ngunggahan Kecamatan Eromoko Kabupaten Wonogiri.

Suryantoro, Darwis. (2009). “e-Marketing: definisi dan strategyâ€. http://suryantara.wordpress.com/2009/08/05/emarketing-definisi-danstrategi/. Akses 2 Mei 2020

Swastha, Basu dan Sukotjo, Ibnu. (2007). Pengantar Bisnis Modern. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.

Yulianto, Bayu dan Khuzaini. (2013). PengaruhProduk, Harga, Promosi, Layanan Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Sepeda Motor Kawasaki. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol. 1 (1).

Downloads

Published

2021-03-20

How to Cite

Rakhmawati, A. (2021). Pelatihan Strategi Pemasaran Produk komoditas Unggulan bagi Masyarakat Desa Ngunggahan Wonogiri melalui Unggahan Media Sosial. Journal Of Human And Education (JAHE), 1(1), 13–17. https://doi.org/10.31004/jh.v1i1.7