Menabung Sejak Dini: Fondasi Menuju Stabilitas Finansial bagi Generasi Milenial di SDN Onitua, Desa Tesabela, Kabupaten Kupang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i2.712Abstract
Kemajuan teknologi mengubah interaksi anak-anak, yang cenderung kurang peduli terhadap isu sosial dan keuangan. Kesulitan finansial terjadi karena kurangnya edukasi keuangan di keluarga dan sekolah. Kegiatan pengabdian bertema "Pentingnya Menabung Sejak Dini" dilaksanakan di SDN Onitua untuk meningkatkan pemahaman literasi keuangan. Melibatkan metode tatap muka dengan penyampaian materi, diskusi, dan kuis, kegiatan ini berhasil membangun pemahaman siswa tentang arti menabung. Dalam evaluasi kegiatan, ditemukan kehadiran penuh siswa dan suasana yang kondusif. Sesi diskusi dan kuis memperkaya pemahaman siswa terkait literasi keuangan. Kesimpulan menunjukkan keberhasilan kegiatan dalam mencapai tujuannya, memberikan kontribusi positif untuk meningkatkan literasi keuangan di tingkat dasar. Saran untuk peningkatan frekuensi kegiatan dan melibatkan orang tua diharapkan dapat memperkuat dampak literasi keuangan yang berkelanjutan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Maria Wahyuningsi Lama Tokan, Natalia Febryani Wea, Oktaviana Petrano Lela, Krisantus Risaldo Waso, Ferdinandus Marin Boli, Rere Paulina Bibiana, Mariano Firmansyah, Maria Imakulata Pongge, Stefanus Ara Gaya, Yohanes Ryanald Klau Tahuk
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).