Edukasi Usaha UMKM pada Produk Kebutuhan Primer Berupa Sandang dan Pangan Berbasis Digital Marketing di MA Soebono Mantofani

Authors

  • Irma Shantilawati Universitas Ichsan Satya
  • Annisa Anindya Universitas Ichsan Satya
  • Ibnu Suryadi Universitas Ichsan Satya
  • Rebeka Meidiana Purba Universitas Ichsan Satya
  • Siti Rahayu Universitas Ichsan Satya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i1.745

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh UMKM saat ini adalah tidak melibatkannya Digital Marketing sebagai strategi dalam pemasaran sehingga banyak UMKM yang masih mengalami kesulitan dalam proses pemasaran produk dan menjadi kendala dalam pengembangan usahanya. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan dan pengetahuan bisnis retail pada UMKM melalui Digital Marketing untuk memasarkan produk yang lebih luas sehingga penjualan lebih meningkat. Metode yang digunakan adalah Pengabdian Masyarakat dengan menggunakan kuesioner pre-test dan post-test. Hasilnya, nilai rata-rata pada post-test lebih tinggi dibandingkan dengan hasil nilai rata-rata pada pre-test.

Downloads

Published

2024-02-29

How to Cite

Shantilawati, . I. ., Anindya, A. ., Suryadi, I. ., Purba, R. M. ., & Rahayu, S. (2024). Edukasi Usaha UMKM pada Produk Kebutuhan Primer Berupa Sandang dan Pangan Berbasis Digital Marketing di MA Soebono Mantofani. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(1), 627–634. https://doi.org/10.31004/jh.v4i1.745