Pelatihan & Penerapan Keterampilan Komunikasi Asertif dilingkungan Siswa SMKS 11 PGRI Serpong
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i1.749Abstract
Komunikasi adalah salah satu kemampuan dasar manusia untuk menyampaikan pesan dari dirinya ke orang lain. Komunikasi yang terjalin dalam kehidupan sehari hari nampaknya masih belum sepenuhnya terjadi secara efektif, Masih banyak sekali individu yang sulit dalam berkomunikasi terutama terjadi pada para siswa. Terjadi pandemi covid-19 memaksa terjadinya perubahan metode komunikasi sehingga memaksa para siswa untuk melakukan pembelajaran secara daring. Banyak siswa masih belum berani menolak ajakan teman untuk bermain disela-sela kegiatan atau tugas kelompok belajar, tidak berani bertanya kepaada bapak/ibu guru selama proses belajar berlangsung, bersifat pasif ketika memiliki argumen atau gagasan dalam forum organisasi di sekolah. Tujuan dari program pengabdian masyarakat ini adalah untuk melatih dan memotivasi para siswa untuk berkomunikasi secara asertif untuk menambah kepercayaan diri, menggapai tujuan, bentuk penghargaan dan tanggung jawab terhadap diri dan orang lain. Metode yang dipergunakan adalah pemberian materi pelatihan dan penerapan pelatihan berupa role play tentang Assertive Communication skill. Peserta kegiatan ini adalah siswa kelas XI dan XII SMKS 11 PGRI Serpong sebanyak 32 siswa. Hasil dari program pengabdian pada masyarakat ini adalah terciptanya pengetahuan peserta dalam penggunaan Assertive Communication dilingkungan siswa SMKS 11 PGRI Serpong. Dengan ini disimpulkan pelatihan dan penerapan Assertive Communication dapat meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ade Octaviansyah, Hary Priyono, Ardolly Nata, Lahuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).