Skill Upgrade Untuk Meningkatkan Logika Berfikir Siswa MAN 2 Madiun Kota Melalui Workshop Pembuatan Automatic Mobile Robot
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i2.760Abstract
Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) merupakan salah satu asesmen nasional yang digunakan pada tahun 2021 oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menggantikan ujian nasional tingkat SMA. AKM fokus mengukur kemampuan literasi dan numerikal melalui kemampuan logika dan pemahaman baca siswa. Berdasarkan laporan hasil tes PISA pada tahun 2018, kedua kompetensi ini menjadi masalah mendasar siswa di Indonesia. Untuk memicu peningkatan kemampuan logika siswa MAN 2 Madiun, maka diberikan pengetahuan tambahan di luar kurikulum. Salah satunya melalui kegiatan workshop pembuatan automatic mobile robot. Kegiatan ini juga mampu meningkatkan kompetensi dalam literasi digital, teknologi dan manusia pada era revolusi industri 4.0 karena workshop pembuatan automatic mobile robot banyak digunakan dibidang otomasi industri. Kegiatan dilaksanakan dengan metode luring melalui tatap muka di Aula MAN 2 Madiun untuk menciptakan ruang pembelajaran interaktif. Dari pelaksanaan kegiatan, didapatkan hasil quiz peserta pada setiap pokok materi menunjukkan hasil sangat memuaskan dengan nilai rata-rata 81 dan hasil tes peserta pada akhir pembelajaran juga menunjukkan hasil memuaskan dengan nilai rata-rata 79. Selain itu, dari hasil kuisioner peserta sebagai bentuk respon dari pelaksanaan kegiatan menunjukkan hasil sangat baik. Dengan adanya kegiatan ini, pembuatan automatic mobile robot dapat dijadikan sebagai salah satu kegiatan ekstrakurikuler untuk meningkatkan kompetensi siswa MAN 2 Madiun.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Imam Sutrisno, Adianto Adianto, Mardi Santoso, Pranowo Sidi, Rini Indarti, Boedi Herijono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).