Praktik Baik Mahasiswa Dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi Pada Anak-Anak Barus Julu Dusun Basam, Kecamatan Barus Jahe, Kabupaten Karo
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i2.761Abstract
Tujuan pelaksanaan kegiatan PkM ini adalah untuk peningkatan literasi dan numerasi di kecamatan Barus Jahe, Kabupaten Karo. Mekanisme pelaksanaan kegiatan PkM Universitas HKBP Nommensen Medan. Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal tanggal 5 Februari sampai dengan awal Maret 2024 di Kecamatan Barus Jahe, Kabupaten Karo. Tim PkM mahasiswa terdiri dari 4 orang dan dibimbing oleh satu orang dosen pembimbing lapangan. Mahasiswa mengelompokkan siswa-siswi menjadi 4 kelompok yang mana setiap kelompok di ajari oleh 1 orang mahasiswa 4-5 orang . Media yang digunakan mahasiswa yaitu buku baca, pulpen, buku cetak, dan media gambar huruf yang disediakan oleh mahasiswa. Jumlahsiswa-siswi ada 20 orang, yang meningkatkan literasi yaitu 14 orang. Mahasiswa berhasil meningkatkan literasi pada siswa-siswi yaitu sebanyak 4 orang sedangkan untuk Numersi 10 orang. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PkM ini adalah mampu beradaptasi dengan baik sehingga terjalin hubungan kerjasama antara masyarakat,siswa dengan mahasiswa didesa Barusjulu Dusun Basam. Mahasiswa mengadakan program bantuan berupa bimbingan belajar literasi dan numerasi pada siswa-siswi SD 101905 Pasar Melintang pada pukul 15:00Wib -17:00 WIB Mahasiswa membuat bimbingan belajar pada anak-anak disekitar tempat tinggal mahasiswa di kantor desa didusun Basam juga membantu menyelesaikan tugas sekolah mereka. Mahasiswa membantu pihak desa dalam kegiatan posyandu pada anak - anak dan posyandu lansia didesa Barusjulu, Dusun Basam. Mahasiswa membuat pamflet guna meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan dilokasi yang telah ditentukan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Efron Manik, Mulianton Mulianton, Maesy Romaito Purba, Irma Gultom, Alvionita br Surbakti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).