Penguatan Karakter Religius Dan Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Melalui Pendekatan PAIKEM Di Sekolah Menengah Belakang Padang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i2.766Abstract
Pentingnya karakter religius di tanamkan pada peserta didik merupakan sebagai sikap dan tingkah laku yang taat dalam melaksanakan nilai moral agama yang dianutnya, Menghargai pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain. Nilai religius penting untuk membentuk karakter manusia, agar setiap Tindakan yang dilakukan dalam kehidupannya mencerminkan perilaku yang baik. Bersikap sopan santun, jujur saling tolong menolong, saling menghormati merupakan bagian dari implementasi nilai-nilai religius dalam kehidupan sehari-hari. Karenanya peneliti menerapkan pendekatan PAIKEM untuk memberikan penjelasan terhadap peserta didik SMP dan SMA belakang padang supaya karakter religius dan kekreatifan peserta didik tersebut bisa terbentuk. Tujuan pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini ialah untuk memberikan pemahaman bagi peserta didik bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Kristen tidak memuat materi penguatan karakter kreatifitas dan inovatif terhadap peserta didik, akan tetapi pembelajaran tentang PAIKEM sangat penting untuk dipelajari agar peserta didik memilki sosial moral dan etika sosial. Metode yang digunakan dalam hal ini adalah bentuk sosialisasi. Hasil dari kegiatan PKM ini ialah peserta didik dapat mengerti serta memahami betapa pentingnya menanamkan karakter religius serta kreativitas pada peserta didik supaya menjadi orang yang beiman, kreatif dan peduli terhadap sesama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ardianto Lahagu, Evans Dongoran, Viktordeni Siregar, Andre Setiawan, Riani Waruwu, Monica Tang, Rendi Antika Oppusunggu, Hotnida Simbolon, Meliana Agustina Simanjuntak, Denisia Waruwu, Yenita Alam Parida Silaban, Rapima Simbolon, Lenni Manurung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).