Menembus Batas Digital: Penguatan Literasi Digital bagi Ibu-Ibu PKK di Kelurahan Teluk, Purwokerto Selatan, Banyumas dalam Pencegahan Informasi Hoaks
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i2.768Abstract
Di era perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat, literasi digital menjadi aspek yang sangat krusial dan penting dalam kehidupan sehari-hari. Literasi digital perlu dipahami oleh semua kalangan masyarakat, termasuk di kalangan Ibu-ibu. Hal tersebut dikarenakan kalangan Ibu-ibu sangat rawan akan bahaya dari penggunaan platform digital. Ibu-ibu PKK di Kelurahan Teluk, Purwokerto Selatan, Banyumas menjadi salah satu yang masih kurang dalam memahami budaya literasi digital sehingga masih ditemukan adanya penyebaran informasi atau informasi hoaks di sekitar lingkungan tersebut. Berlatar dari hal tersebut, kegiatan pengabdian Masyarakat ini memiliki tujuan untuk menguatkan pemahaman dan pengetahuan akan literasi digital dalam pencegahan penyebaran informasi hoaks. Hasil dari kegiatan pengabdian ini memberikan dampak dan manfaat yang positif kepada Ibu-ibu PKK di Kelurahan Teluk, diantaranya dapat menguatkan pemahaman literasi digital, meningkatkan pengetahuan dasar akan bahaya informasi hoaks, menghindari penyebaran informasi hoaks, dan menjadikan Ibu-ibu PKK sebagai agen perubahan di PKK masing-masing RT untuk menggalakkan Gerakan Ibu-ibu anti hoaks.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ummi Nurjamil Baiti Lapiana, Ika Oktaviana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).