Pelatihan Penggunaan Boneka Tangan Sebagai Media Alat Peraga Dalam Kegiatan Mengajar Sekolah Hari Minggu
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i2.770Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang dilaksanakan oleh Dosen Prodi Pendidikan Agama Kristen Sekolah Tinggi Teologi Bethel Banjarbaru, bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi guru-guru Sekolah Hari Minggu (SHM) yang berdomisili disekitar Desa Cantung Kiri Hilir, kecamatan Kelumpangan Hulu, kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan. Kegiatan ini dilaksanakan hari Sabtu tanggal 25 November 2023, diikuti 18 orang guru. Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana Guru Sekolah Hari Minggu (SHM) diberikan pelatihan mengenai cara pengunaan alat peraga boneka tangan pada kegiatan mengajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan jenis lapangan sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan ceramah. Analisis data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan hasil dari penelitian ini adalah menemukan bahwa bayak dari guru masih belum mengerti cara menggunakan media alat peraga boneka tangan dan setelah mengikuti pelatihan ini, para guru dapat menggunakan boneka tangan dengan maksimal
Kata Kunci: Penggunaan Alat peraga Boneka, Mengajar Sekolah Hari Minggu
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aristo Aristo, Fonny Elvira Ester Laoh, Heri Kiswanto, Julinda Asap Suluh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).