Pendampingan dan Kolaborasi dengan Mahasiswa di Sekolah Dasar di Tomohon

Authors

  • Darmawan Edi Winoto Universitas Negeri Manado
  • Aksilas Dasfordate Universitas Negeri Manado
  • Aldegonda E. Pelealu Universitas Negeri Manado
  • Meike Imbar Universitas Negeri Manado
  • Ngismatul Khoeriyah Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i2.771

Abstract

Pendampingan terhadap mahasiswa sebagai kegiatan tidak terpisahkan dari tugas seorang dosen. Banyak hal yang dapat diterapkan dan dikomunikasikan bersama mahasiswa bimbingan ketika mereka terjun di lapangan seperti di sekolah dari tangkat dasar sampai tingkat tinggi. Setiap kegiatan mahasiswa yang didampingi dosen membawa misi tertentu yang pada intinya demi perbaikan pendidikan sekolah. Tujuan dari artikel ini tidak lain untuk memotret pelaksanaan pendampingan terhadap mahasiswa yang bertugas mengenal lingkungan sekolah dasar dimana mereka diturunkan. Metode pendampingan intensif yang dilaksanakan mulai dari pra kegiatan, pelaksanaan, sampai pasca pelaksanaan.  Hasil kajian dapat kita lihat bahwa kolaborasi mampu meningkatkan komunikasi berbagai pihak yang termasuk masyarakat di luar sekolah. Bimbingan dan pendampingan mahasiswa mampu memberikan jalan bagi mahasiswa terhadap berbagai permasalahan yang ditemui disekolah. Permasalahan mahasiswa dapat dilihat pada laporan setiap minggu yang mereka sampaikan baik melalui tulisan maupun disampaikan secara langsung. Komunikasi menjadi kunci penting bagi kesuksesan pelaksanaan pendampingan bersama mahasiswa maupun pihak terkait. Kegiatan mahasiswa memberi dampak besar bagi siswa di sekolah.

Kata kunci: Pendampingan, Mahasiswa, Masyarakat, Sekolah

Downloads

Published

2024-03-28

How to Cite

Winoto, D. E., Dasfordate, A. ., Pelealu, A. E. ., Imbar, M. ., & Khoeriyah, N. . (2024). Pendampingan dan Kolaborasi dengan Mahasiswa di Sekolah Dasar di Tomohon. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(2), 128–135. https://doi.org/10.31004/jh.v4i2.771