Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Digital Menggunakan Aplikasi FlipBuilder untuk Guru MGMP Biologi SMA

Authors

  • Dara Mutiara Aswan Universits Jambi
  • Muswita Muswita Universitas Jambi
  • Harlis Harlis Universitas Jambi
  • Asni Johari Universitas Jambi
  • Retni S. Budiarti Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i2.794

Abstract

Perkembangan teknologi dapat dimanfaatkan oleh guru untuk menyediakan media pembelajaran interaktif yang lebih menarik yang dapat digunakan untuk membantu menyampaikan materi pada proses pembelajaran. Media pembelajaran interaktif yang dikembangkan oleh guru juga dapat  membantu siswa dalam memahami materi pelajaran. Namun, pada kenyataannya masih banyak guru belum mampu melakukan hal tersebut. Salah satu factor yang menyebabkan hal ini adalah masih banyak guru yang belum melek teknologi. Padahal kemampuan mengembangkan media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi yang ada termasuk kepada kompetensi professional yang harus dimiliki oleh guru. Untuk mengatasi hal tersebut, tim pengabdian kepada masyarakat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi menawarkan sebuah solusi dengan memberikan workshop pembuatan media pembelajaran berbasis digital kepada para guru. Kegiatan ini menggunakan metode pelatihan. Materi yang disampaikan yaitu pemanfaatan alpikasi flipbuilder yang dapat digunakan oleh guru untuk mengembangkan media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Dilakukan juga pendampingan dalam mengembangkan media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi flipbuilder. Kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan media pembelajaran interaktif yang menarik untuk digunakan dalam proses pembelajaran

Downloads

Published

2024-04-03

How to Cite

Aswan, D. M. ., Muswita, M., Harlis, H., Johari, A., & Budiarti, . R. S. . (2024). Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Digital Menggunakan Aplikasi FlipBuilder untuk Guru MGMP Biologi SMA . Journal Of Human And Education (JAHE), 4(2), 186–195. https://doi.org/10.31004/jh.v4i2.794