Strategi Pembelajaran Kolaboratif Untuk Memperkuat Karakter Toleransi Peserta Didik Di SMP Swasta Bethesda Batam
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i2.804Abstract
Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak keberagaman yang berbeda baik itu dari suku, ras, agama, dan budaya. Dengan keberagaman ini maka sangat diperlukan toleransi yang mampu menciptakan kerukunan setiap orang. Berdasarkan hasil survey, tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) menemukan masalah yang dialami oleh peserta didik yaitu dengan adanya perbedaan latar belakang yang mengakibatkan sering terjadinya konflik, kesalahpahaman yang diakibatkan oleh perbedaan pendapat, bahkan prasangka terhadap sesama peserta didik, kurang memahami dan menghargai perbedaan, sehingga menyebabkan intoleransi di dalamnya. Oleh sebab itu, adapun tujuan dari PKM ini yaitu memperkuat karakter toleransi yang ada dalam diri peserta didik melalui penerapan strategi kolaboratif yang dilaksanakan dalam kelas pembelajaran. Metode yang digunakan oleh tim PKM dalam kegiatan ini yaitu Pertama; observasi sebagai tahap awal kegiatan untuk mengetahui serta menelusuri permasalahan yang terjadi dalam sekolah, Kedua; pelaksanaan kegiatan dengan memberikan sosialisasi tentang toleransi serta penerapannya terhadap peserta didik salah satunya melalui strategi kolaboratif yang telah dilaksanakan dalam kegiatan ini, Ketiga; Tahap evaluasi untuk mengetahui keberhasilan kegiatan yang telah direncanakan dari awal dan dilaksanakan sampai akhir kegiatan. Hasil dari kegiatan ini yaitu peserta didik memiliki pengetahuan serta pemahaman tentang toleransi dan mampu menerapkannya dalam kehidupan pribadi peserta didik baik itu dalam lingkungan keluarga, masyarakat maupun dalam sekolah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Vanessa Hotnauli Sianturi, Rikardo Dayanto Butar-Butar, Putri Jelita Daeli, Laura Purba, Catherine Boniface, Masnida Br Hutauruk, Nencis Lay Lele, Delvi Hutapea, Liana Togodi, Desika Sihombing
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).