Strategi Pembelajaran Kolaboratif Untuk Memperkuat Karakter Toleransi Peserta Didik Di SMP Swasta Bethesda Batam

Authors

  • Vanessa Hotnauli Sianturi STT REAL Batam
  • Rikardo Dayanto Butar-Butar STT REAL Batam
  • Putri Jelita Daeli STT REAL Batam
  • Laura Purba STT REAL Batam
  • Catherine Boniface STT REAL Batam
  • Masnida Br Hutauruk STT REAL Batam
  • Nencis Lay Lele STT REAL Batam
  • Delvi Hutapea STT REAL Batam
  • Liana Togodi STT REAL Batam
  • Desika Sihombing STT REAL Batam

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i2.804

Abstract

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak keberagaman yang berbeda baik itu dari suku, ras, agama, dan budaya. Dengan keberagaman ini maka sangat diperlukan toleransi yang mampu menciptakan kerukunan setiap orang. Berdasarkan hasil survey, tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) menemukan masalah yang dialami oleh peserta didik yaitu dengan adanya perbedaan latar belakang yang mengakibatkan sering terjadinya konflik, kesalahpahaman yang diakibatkan oleh perbedaan pendapat, bahkan prasangka terhadap sesama peserta didik, kurang memahami dan menghargai perbedaan, sehingga menyebabkan intoleransi di dalamnya. Oleh sebab itu, adapun tujuan dari PKM ini yaitu memperkuat karakter toleransi yang ada dalam diri peserta didik melalui penerapan strategi kolaboratif yang dilaksanakan dalam kelas pembelajaran. Metode yang digunakan oleh tim PKM dalam kegiatan ini yaitu Pertama; observasi sebagai tahap awal kegiatan untuk mengetahui serta menelusuri permasalahan yang terjadi dalam sekolah, Kedua; pelaksanaan kegiatan dengan memberikan sosialisasi tentang toleransi serta penerapannya terhadap peserta didik salah satunya melalui strategi kolaboratif yang telah dilaksanakan dalam kegiatan ini, Ketiga; Tahap evaluasi untuk mengetahui keberhasilan kegiatan yang telah direncanakan dari awal dan dilaksanakan sampai akhir kegiatan. Hasil dari kegiatan ini yaitu peserta didik memiliki pengetahuan serta pemahaman tentang toleransi dan mampu menerapkannya dalam kehidupan pribadi peserta didik baik itu dalam lingkungan keluarga, masyarakat maupun dalam sekolah.

Downloads

Published

2024-04-16

How to Cite

Sianturi, V. H. ., Butar-Butar, R. D. ., Daeli, P. J. ., Purba, L., Boniface, C., Hutauruk, M. B., Lele, N. L. ., Hutapea, D. ., Togodi, L. ., & Sihombing, D. (2024). Strategi Pembelajaran Kolaboratif Untuk Memperkuat Karakter Toleransi Peserta Didik Di SMP Swasta Bethesda Batam. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(2), 215–223. https://doi.org/10.31004/jh.v4i2.804