Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Game Edukasi bagi Guru SLB se-Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i2.809Abstract
Kemampuan seorang guru dalam membuat dan memilih media pembelajaran sangat berperan penting dalam menentukan keberhasilan hasil belajar siswa. Khusunya guru yang mengajar di Sekolah Luar Biasa (SLB). Namun, penggunaan media pembelajaran interaktif masih kurang. Dari hasil survey awal, hanya 35% guru SLB yang mengaku pernah mengikuti pelatihan pembuatan media pembelajaran. Solusi yang diberikan dalam kegiatan pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini adalah pendampingan pelatihan game edukasi. Tujuan pelatihan ini adalah, (1) mengenalkan dan melatih guru-guru SLB menggunakan aplikasi media pembelajaran berbasis game edukasi yang interaktif, (2) memubuat produk media pembelajaran berbasis game edukasi yang dapat diterapkan dalam pembelajaran, (3) mengetahui respon guru terhadap pelaksanaan pendampingan pelatihan media pembelajaran berbasis game edukasi. Pendekatan PkM yang dilakukan pada pelatihan ini adalah Participatory Action Research (PAR) yang dilaksanakan pada Oktober-November 2023. Peserta pelatihan adalah guru SLB se-Kota Jambi yang berjumlah 15 orang. Media pembelajaran berbasis game edukasi yang dilatih adalah wordwall dan kahoot. Data evaluasi dari hasil kegiatan PkM menunjukkan persepsi yang positif terhadap kegiatan ini baik dari segi tujuan pelatihan, materi pelatihan, dan instruktur yang memberikan pelatihan. Hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi dengan rata-rata jawaban sangat setuju dan setuju.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hedia Rizki, Meirisa Sahanata, Elis Muslimah Nuraida, Ali Murtadlo, Fitri Kumala Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).