Bimbingan Konseling dan Implementasi Penggunaan Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa SMK Swasta Pembangunan Galang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i2.810Abstract
Hasil belajar dan karakter siswa sangat diperlukan dalam pendidikan pada saat ini. Namun banyak di temukan masalah karakter siswa yang rendah dan hasil belajar siswa yang rendah. Tujuan dari pelaksanaan PKM ini adalah meningkatkan karakter siswa melalui bimbingan konseling dan meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan media digital dengan memanfaatkan aplikasi Wordwall dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Metode yang digunakan oleh mahasiswa untuk mengatasi masalah yang dihadapi oleh siswa/i adalah dengan melaksanakan bimbingan konseling dengan cara melaksanakan seminar dengan judul “Melihat Dua Sisi Gadget” dan meningkatkan minat belajar siswa dengan penerapan aplikasi Wordwall dalam pembelajaran bahasa Inggris. Pelaksanaan PKM dilakukan atau dituju kepada siswa/i SMK Swasta Pembangunan Galang 1 yaitu dari kelas X-MPLB, dan XII-RPLB. Dalam pelaksanaan aplikasi Wordwall yang telah dilaksanakan tim PKM, siswa/i kelas X dan XII telah menunjukkan perubahan proses belajar yang sebelumnya kurang baik menjadi lebih baik dan menarik sehingga siswa/i lebih mudah memahami pembelajaran. Kemudian, dalam penerapan seminar, siswa/i juga lebih memahami bahwa sangat banyak dampak dari penggunaan gadget. Siswa/i juga lebih mengetahui hal apa yang harus dilakukan untuk mngatasi penggunaan gadget yang berlebihan.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yunika Sari Purba, Dearlina Sinaga, Elia Putri Ribka Sinaga, Febrianta Lidia Saragih, Nelly Sitanggang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).