Bimbingan Konseling dan Implementasi Penggunaan Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa SMK Swasta Pembangunan Galang

Authors

  • Yunika Sari Purba Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Dearlina Sinaga Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Elia Putri Ribka Sinaga Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Febrianta Lidia Saragih Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Nelly Sitanggang Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i2.810

Abstract

Hasil belajar dan karakter siswa sangat diperlukan dalam pendidikan pada saat ini. Namun banyak di temukan masalah karakter siswa yang rendah dan hasil belajar siswa yang rendah. Tujuan dari pelaksanaan PKM ini adalah meningkatkan karakter siswa melalui bimbingan konseling dan meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan media digital dengan memanfaatkan aplikasi Wordwall dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Metode yang digunakan oleh mahasiswa untuk mengatasi masalah yang dihadapi oleh siswa/i adalah dengan melaksanakan bimbingan konseling dengan cara melaksanakan seminar dengan judul “Melihat Dua Sisi Gadget” dan meningkatkan minat belajar siswa dengan penerapan aplikasi Wordwall dalam pembelajaran bahasa Inggris. Pelaksanaan PKM dilakukan atau dituju kepada siswa/i SMK Swasta Pembangunan Galang 1 yaitu dari kelas X-MPLB, dan XII-RPLB. Dalam pelaksanaan aplikasi Wordwall yang telah dilaksanakan tim PKM, siswa/i kelas X dan XII telah menunjukkan perubahan proses belajar yang sebelumnya kurang baik menjadi lebih baik dan menarik sehingga siswa/i lebih mudah memahami pembelajaran. Kemudian, dalam penerapan seminar, siswa/i juga lebih memahami bahwa sangat banyak dampak dari penggunaan gadget. Siswa/i juga lebih mengetahui hal apa yang harus dilakukan untuk mngatasi penggunaan gadget yang berlebihan.

Downloads

Published

2024-04-16

How to Cite

Purba, . Y. S. ., Sinaga, . D. ., Sinaga, E. P. R. ., Saragih, . F. L. ., & Sitanggang, N. (2024). Bimbingan Konseling dan Implementasi Penggunaan Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa SMK Swasta Pembangunan Galang . Journal Of Human And Education (JAHE), 4(2), 200–204. https://doi.org/10.31004/jh.v4i2.810