Zero Bullying Dengan Peningkatan Kapasitas Guru Untuk Menciptakan Sekolah Ramah Anak
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i2.813Abstract
Bullying merupakan tindakan kekerasan terhadap fisik maupun mental yang dilakukan dengan menyalahgunakan kekuatan dari yang lebih kuat ke yang lemah. Bullying membawa dampak besar terhadap korban yang menyebabkan si korban mengalami trauma, stress, melukai diri sendiri dan tak jarang si korban pada akhirnya bunuh diri karena merasa malu dan dikucilkan oleh lingkungan. Bentuk-bentuk bullying berupa kekerasan fisik maupun verbal, dan cyber bullying yang kerap kali terjadi. Secara tak sadar, sering kita lihat dan dengar physical bullying dan verbal bullying yang dilakukan oleh siswa disekolah dasar. Memukul, menendang, mencakar, menggigit dan aktifitas menyakiti fisik lainnya merupakan bentuk dari perundungan fisik yang dilakukan anak sekolah dasar. Sedangkan untuk verbal bullying, acap kali anak-anak mengolok-olok temannya dengan memanggil nama anak tersebut maupun nama orang tuanya, mencela, berkata kasar merupakan sebagian contoh dari verbal bullying. Sayangnya, kejadian seperti contoh diatas dianggap wajar sebagai kenakalan anak-anak. Berangkat dari fenomena ini, tim pengabdian masyarakat memberikan solusi dengan mengadakan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menghadapi dan mengatasi bullying yang terjadi disekolah dengan strategi yang tepat. Solusi dilakukan dengan menggunakan 2 cara, yakni meningkatkan peran guru sebagai komunikator yang baik dengan siswa, sebagai pemberi nasehat, dan pembimbing dalam bersikap dan bertingkah laku bagi siswa. Yang kedua adalah dengan melaksanakan strategi dengan melakukan pembiasaan baik dikelas yang bersifat relijius, membentuk karakter dan kepribadian siswa, dan memberikan art therapy bagi siswa sebagai upaya untuk mengatasi trauma bullying. Dengan pelatihan ini, guru menjadi lebih ‘dewasa’ dan bijak dalam menyikapi bullying, mampu menerapkan solusi dan strategi yang tepat dalam menghadapi bullying dan meminimalisir dampaknya terhadap korban bully
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dias Andris Susanto, Arso Setyaji, Rahmawati Sukmaningrum, Faiza Hawa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).