Menumbuhkembangkan Gemar Menabung Melalui Pembuatan Celengan Dengan Menggunakan Bahan Bekas Di SD Negeri Kampung Baru
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i3.851Abstract
Menabung merupakan tindakan mengelolah keuangan dengan cara menerapkan pola hidup hemat dan menyimpan sebagian uang yang dimiliki untuk keperluan di masa depan. Menabung merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat dan sangat penting diterapkan sejak dini. Kegiatan menabung juga bisa diterapkan bagi anak Sekolah Dasar di SD Negeri Kampung Baru. Siswa-siswi dapat menyisihkan uang jajan mereka untuk ditabung. Dalam upaya untuk menumbuhkan semangat menabung bagi siswa-siswi SD Negeri Kampung Baru saya melakukan pendampingan untuk membuat celengan dengan menggunakan bahan bekas (botol bekas minuman mineral). Tujuan dari kegiatan ini adalah menumbuhkan minat siswa-siswi dalam menabung dengan menyisihkan uang jajan mereka, melatih kreativitas siswa-siswi, mendaur ulang botol bekas menjadi celengan yang menarik. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah tanya jawab, ceramah dan demonstrasi. Hasil dari kegiatan ini adalah siswa-siswi dapat memahami manfaat dari menabung, dapat menghasilkan celengan yang menarik dengan mendaur ulang botol bekas serta menumbuhkan minat menabung pada siswa-siswi SD Negeri Kampung Baru.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Margiana Dewi Maria Madonna Maran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).