Penyuluhan Kesehatan Terapkan PHBS Dengan Mengelola Sampah Terhadap Siswa Kelas IV MIS Raudhatul Muta’alimin, Depok
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i3.870Abstract
Permasalahan sampah merupakan tantangan kompleks yang terus meningkat seiring dengan modernisasi dan pertumbuhan populasi. Di Indonesia, masalah ini menjadi serius dengan dampak yang meluas secara sosial, ekonomi, dan budaya. Penanganan sampah tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi juga memerlukan partisipasi aktif dari masyarakat melalui program-program seperti 3R (Reduce, Reuse, Recycle). Pemberdayaan masyarakat terkait pengelolaan sampah perlu difokuskan sehingga program dapat terlaksana secara efektif. Penelitian ini dilakukan sebagai kajian untuk memperbaiki kondisi yang ada dengan mengetahui bagaimana dampak penyuluhan kesehatan terkait PHBS dan pengelolaan sampah pada siswa kelas 4 di MIS Raudhatul Muta'allimin, Depok. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei dan penyuluhan interaktif. Penyuluhan dilakukan melalui serangkaian kegiatan yang meliputi pemberian pre-test, penyampaian materi penyuluhan, menonton video animasi, games memilah sampah, dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pengetahuan siswa setelah mengikuti penyuluhan. Dari total 18 siswa, 16 siswa (88,89%) menunjukkan peningkatan nilai pada post-test. Hal ini menandakan keberhasilan penyuluhan dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang PHBS dan pengelolaan sampah. Sosialisasi PHBS di sekolah dasar memiliki potensi besar untuk mengubah perilaku siswa dalam menjaga kebersihan lingkungan. Penerapan PHBS yang konsisten diharapkan dapat menciptakan lingkungan sekolah yang bersih dan sehat serta membantu proses pendidikan anak-anak dalam meningkatkan kreativitas, inovasi, dan kepedulian terhadap lingkungan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Marina Ery Setiyawati, Hermina S, Jasmine Ayunda Saputri, Anindita Larasati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).