Gizi Anak Sekolah di Desa Toddopulia Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i3.903Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan berupa penyulihan kesehatan tentang gizi anak sekolah untuk meningkatkan status kesehatan di Desa Toddopulia Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros. Melalui pelaksanaan sosialisasi yang telah dilakukan dengan baik, peserta diberikan pengetahuan tentang langkah-langkah hidup sehat sehingga terbentuk kesadaran pribadi, keluarga dan seluruh anggotanya yang dimana anak-anak berusia 5-17 tahun. Permasalahan gizi dan kesehatan terutama pada anak dapat dicegah melalui kegiatan edukasi yang diberikan lewat penyuluhan kesehatan. Solusi yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa memberikan penyuluhan kesehatan gizi seimbang pada anak – anak Sebelum sosialisasi, peserta dimana seorang ibu mengisi kuesioner untuk mengukur pemahaman dan sikap mereka terkait gizi anak sekolah. Hasil kuesioner tersebut menjadi dasar evaluasi awal untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan kesadaran seorang ibu sebelum sosialisasi dilakukan. Setelah sosialisasi, peserta diminta untuk mengisi kuesioner yang sama guna mengevaluasi perubahan pemahaman, sikap, dan kesiapan mereka tentang gizi anak seklolah. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta tentang langkah-langkah untuk menjalani perilaku hidup yang menjaga kebersihan dan memenuhi standar kesehatan terutama untuk anak sekolah. Evaluasi ini memberikan indikasi bahwa sosialisasi gizi anak sekolah menambah pengetahuan ibu-ibu mengenai gizi seimbang dan perubahan perilaku gizi yang baik, sehingga dapat meningkatkan status kesehatan dan gizi anak. Manfaat kegiatan ini adalah para ibu mengetahui pentingnya gizi seimbang untuk mencegah terjadinya masalah gizi pada anak dan meningkatkan status kesehatan serta gizi anak. Sebagai langkah lanjutan, perlu dilakukan pemantauan dan evaluasi secara berkala untuk memastikan keberlanjutan pemahaman dan sikap yang telah ditingkatkan oleh peserta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nurul Hidayah Nur, Andi Niartiningsih, Nurfitriani, Mene Paradilla
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).