Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Media Permainan untuk Mengembangkan Karakter Anak PAUD di Kecamatan Bae Kabupaten Kudus
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i3.909Abstract
Kementerian Pendidikan Nasional menyampaikan bahwa, proses pendidikan pada anak usia dini dimaknai sebagai upaya mengembangkan karakter bangsa. Sehingga, memiliki nilai dan karakter dalam dirinya, serta menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan dikemudian hari. Nilai-nilai tersebut seperti kebijakan, penghormatan terhadap yang lain, tanggung jawab pribadi, perasaan senasib, sependeritaan, pemecahan konflik secara damai, merupakan nilai-nilai yang semestinya diutamakan dalam pendidikan karakter. Namun, beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter membutuhkan sebuah media yang mampu mendorong terwujudnya cita-cita pendidikan. Media tersebut mampu menjadi sarana dalam menumbuhkan karakter bangsa yang berbudaya. Karakter yang mencirikan karakteristik kearifan nilai budaya lokal. Sehingga, anak sebagai penerus bangsa tidak kehilangan jati diri. Layanan bimbingan kelompok menggunakan media permaianan adalah sebuah bagian dari pendidikan karakter yang dapat diberikan kepada peserta didik dalam hal ini adalah siswa PAUD. Kegiatan ini diaplikasikan dalam sebuah kegiatan pengabdian kepada masyarakat terhadap anak PAUD di kecamatan Bae Kabupaten Kudus. Penggunaan media ini diharapkan dapat merangsang kognitif dan psikomotorik anak PAUD di Kecamatan Bae, Kudus sehingga memperkuat perkembangan karakter mereka. Media permaianan yang digunakan dalam layanan bimbingan kelompok dikembangkan melalui berbagai nilai kearifan lokal kudus yang dan telah dilakukan oleh anak-anak serta menjadi bagian dari kebudayaan kudus.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Indah Lestari, Sucipto, Edris Zamroni, Gudnanto, Ashari Mahfud, Eka Kurniawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).