Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Edmod Bagi Tutor PKBM
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i3.924Abstract
Internet dapat digunakan sebagai alat pendukung dalam beraktivitas. Pemanfaatan Internet mempunyai banyak keuntungan misalnya dalam bidang komunikasi, bisnis, sosial dan pendidikan. Salah satu pemanfaatan Internet dalam bidang pendidikan adalah pembelajaran online. E-leaning merupakan evolusi alami dari pendidikan jarak jauh, yang menggunakan teknologi untuk menciptakan perencanaan pendidikan terkini. Tempat pelaksanaan adalah pada salah satu sekolah di Cirebon. Kegiatan pelatihan dimulai pada awal bulan Januari 2024. Kegiatan ini diikuti oleh 20 tutor PKBM. Penyampaian materi pelatihan tentang media pembelajaran berbasis edmod bagi tutor PKBM. Berdasarkan hasil kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan, tutor merasa sangat puas dengan pelatihan media pembelajaran berbasis EDMOD. Selain hal tersebut, pengetahuan tutor meningkat dibuktikan dengan meningkatnya kreativitas dalam menciptakan materi pembelajaran. Hasil praktik mengajar dan penggunaan materi pembelajaran berbasis EDMOD yang dilakukan oleh tutor menunjukkan hasil yang baik, mengingat bagaimana materi dan metode pengajaran juga ditingkatkan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nining Suningrat, Herwantono Herwantono, Muhammad Hendra, Mila Karina, Randi Randi, Gusnita Efrina, Amar Salahuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).