Pengabdian Masyarakat melalui Asesmen Psikologis pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Ecep Supriatna Universitas Bhayangkara Jaya
  • Lenny Utama Afriyenti Universitas Bhayangkara Raya
  • Wahyu Aulizalsini Alurmei Universitas Bhayangkara Raya
  • Ferdy Muzzamil Universitas Bhayangkara Raya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i3.925

Abstract

Latar belakang kegiatan Pengabdia kepada Masyarakat yaitu asesmen psikologis yang diberikan kepada siswa sekolah dasar membantu mengidentifikasi dan memahami kebutuhan perkembangan dan kesulitan mereka selama tahap kritis dalam hidup anak. Perubahan signifikan terjadi baik pada dimensi kognitif, emosional, maupun sosial; oleh karena itu, asesmen psikologis yang sesuai membantu guru dan orang tua mengidentifikasi masalah belajar, gangguan perkembangan, dan isu isu gangguan yang mungkin tidak terlihat secara kasat mata. Kegiatan dilaksanakan dalam rangka pengabdian masyarakat oleh Fakultas Psikologi Universitas Bhayangkara, di Sekolah Dasar 188 Kecamatan Cidadap, Kota Bandung.Tujuan dari kegiatan yaitu membantu mengidentifikasi kebutuhan dan potensi anak-anak sekolah dasar di Kecamatan Cidadap. Metode yang digunakan dalam program ini adalah psikoedukasi, yang berarti metode pendidikan yang memperhitungkan aspek psikologisnya. Program tersebut terdiri dari dua sesi, yaitu workshop dan sesi tanya jawab, dan tujuannya adalah membuat siswa berpartisipasi bukan sebagai penerima informasi, tetapi juga sebagai subjek pemberian informasi yang memperoleh pengetahuan untuk menggunakan dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Hasil dari kegiatan yang dilakukan yaitu: Proses screening psikologis menemukan anak-anak yang membutuhkan bantuan khusus dalam perkembangan mereka, baik secara kepribadian maupun perilaku, dan Guru memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan dan potensi siswa mereka, sehingga mereka dapat membantu siswa berkembang sesuai dengan kebutuhan unik mereka.

Downloads

Published

2024-05-29

How to Cite

Supriatna, E., Afriyenti, L. U., Alurmei, W. A., & Muzzamil, F. (2024). Pengabdian Masyarakat melalui Asesmen Psikologis pada Siswa Sekolah Dasar. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(3), 231–237. https://doi.org/10.31004/jh.v4i3.925