Pengabdian Masyarakat melalui Asesmen Psikologis pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i3.925Abstract
Latar belakang kegiatan Pengabdia kepada Masyarakat yaitu asesmen psikologis yang diberikan kepada siswa sekolah dasar membantu mengidentifikasi dan memahami kebutuhan perkembangan dan kesulitan mereka selama tahap kritis dalam hidup anak. Perubahan signifikan terjadi baik pada dimensi kognitif, emosional, maupun sosial; oleh karena itu, asesmen psikologis yang sesuai membantu guru dan orang tua mengidentifikasi masalah belajar, gangguan perkembangan, dan isu isu gangguan yang mungkin tidak terlihat secara kasat mata. Kegiatan dilaksanakan dalam rangka pengabdian masyarakat oleh Fakultas Psikologi Universitas Bhayangkara, di Sekolah Dasar 188 Kecamatan Cidadap, Kota Bandung.Tujuan dari kegiatan yaitu membantu mengidentifikasi kebutuhan dan potensi anak-anak sekolah dasar di Kecamatan Cidadap. Metode yang digunakan dalam program ini adalah psikoedukasi, yang berarti metode pendidikan yang memperhitungkan aspek psikologisnya. Program tersebut terdiri dari dua sesi, yaitu workshop dan sesi tanya jawab, dan tujuannya adalah membuat siswa berpartisipasi bukan sebagai penerima informasi, tetapi juga sebagai subjek pemberian informasi yang memperoleh pengetahuan untuk menggunakan dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Hasil dari kegiatan yang dilakukan yaitu: Proses screening psikologis menemukan anak-anak yang membutuhkan bantuan khusus dalam perkembangan mereka, baik secara kepribadian maupun perilaku, dan Guru memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan dan potensi siswa mereka, sehingga mereka dapat membantu siswa berkembang sesuai dengan kebutuhan unik mereka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ecep Supriatna, Lenny Utama Afriyenti, Wahyu Aulizalsini Alurmei, Ferdy Muzzamil
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).